Bekerja Sebagai Tim

Saya beruntung memimpin sebuah program studi yang sebagian besar dosennya adalah anak-anak muda. Mereka pintar-pintar dan hebat-hebat sehingga tidak sulit membayangkan Prodi IP Untirta bisa bersaing di tingkat nasional atau mulai unjuk gigi di dunia intenasional di tahun-tahun depan.

img_2461

Yang sekarang saya sedang lakukan adalah membangun tim secara terus-terusan. Organisasi tak boleh memunculkan Superman-superman atau superwoman-superwoman. Yang harus muncul adalah Superteam yang terbentuk dari sinergi potensi orang-orang hebat di dalamnya. Pemimpin bekerja sebagai konduktor agar tercipta irama yang merdu, dari berbagai alat musik yang dimainkan. Justru kalau semuanya pegang terompet atau piano suaranya pasti monoton dan gak keruan bukan?

Tahun ini alhamdulillah sebagian besar dosen mendapatkan dana penelitian yang  harus terpublikasi. Targetnya, semua pemenang dana penelitian di Prodi memiliki scopus-id di akhir tahun atau awal tahun ini.

Salah satu program baru yang hendak kami mulai di semester besok adalah melaksanakan perkuliahan berbahasa Inggris. Ini harus dimulai untuk membangun kultur global. Membiasakan yang memang harusnya sudah biasa.

Ada usul mata kuliahnya?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.