Menguji Calon Dosen

Kemarin saya menjadi salah satu penguji calon dosen tetap non PNS di kampus tempat saya bekerja.

Wah saya langsung merasa tua. Menguji anak-anak muda yang usianya sekitar 10 tahun lebih muda. Lucu juga ya, rasanya belum lama diuji sekarang menguji.

Yang menarik dari rekrutmen dosen baik yang saya alami sebagai pihak direkrut maupun merekrut adalah bahwa rekrutmen dosen memang belum sampai ke tingkat mencari ilmuwan, masih mencari pegawai.

Aspek portofolio akademik misalnya bukanlah faktor utama, hanya menyelinap dalam proses wawancara saja. Dan sebetulnya dari aspek umurpun, syarat usia maksimal 35 tahun tentu saja membuat kita kesuitan mencari calon mumpuni.

Ditambah dalam sistem rekrutmen dosen kita (Baca: NKRI), ketika saatnya mengajukan jabatan fungsional, maksimal hanya jadi lektor.

Mari tengok status Khoirul Anwar, akademisi Indonesia yang sudah 14 tahun bekerja di dunia akademik di Jepang dan pulang kampung ke tanah air:

Alhamdulillah tadi sore telah menyelesaikan isian form pengajuan jabatan fungsional akademik (JFA) dengan total kum (sekitar) 2.257,8 (7 paten (3 granted), pengajaran, penelitian selama 14 tahun di Jepang (24 jurnal, 88 conference paper), pengabdian masyarakat). Meskipun semua akan hangus dan diakui hanya 200 (Lektor 200), semoga ini tetap bermanfaat. Mohon doa agar bisa istiqomah, Insya Allah, setelah ini akan “memulai hidup baru” sebagai dosen di Indonesia beserta penjenjangannya. Semoga bisa segera sampai 850 lagi.πŸ™‚

Jadi coba bayangkan. Bahkan penerima nobel sekalipun hanya akan jadi Lektor ketika pertama kali jadi dosen tetap di Indonesia. Makanya, jadi dosen asing saja πŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.