Mencicil

Bukan mencicil hutang ya, ini mencicil pekerjaan.

Dunia digital zaman now membuat arus pekerjaan tetap memaksa mengalir via WA dan Email walaupun saya sedang berada di benua biru. Koreksian skripsi, tesis, dan manuskrip jurnal yang harus direview tetap masuk. Termasuk tetap menyampaikan perkuliahan secara online kepada kelas Pengantar Ilmu Politik dan Pemasaran Politik yang saya ampu.

Sementara, short-course ini berjalan dengan amat sangat serius. Kami dalam seminggu bisa memiliki sampai enam sesi di Leiden atau Amsterdam ditambah kegiatan-kegiatan lain seperti trip ke museum (even di hari sabtu), belajar mandiri, membuat proposal riset, dan mengumpulkan tugas. Ya, mengumpulkan review artikel mingguan dengan standar tinggi dari Prof. Bambang, pembimbing kami yang baik.

Sedikit jalan-jalan dan makan bekal bersama tentu saja sebagai pelipur lara, karena ada saja yang baik hati memasak makanan enak.

WhatsApp Image 2017-11-10 at 06.54.44

WhatsApp Image 2017-11-10 at 07.04.52

Karena itu saya mencicil pekerjaan-pekerjaan dari tanah air. Mohon maaf untuk yang belum terespon dengan baik. Sabar ya sayang. Pekerjaan dari Indonesia memang sebagian besar saya kerjakan satu jam atau dua jam sebelum dan sesudah subuh, sambil kedinginan tentu saja.

Dan sambil menunggu subuh tadi, saya sudah mereview dan dengan berat hati menolak dua artikel untuk diterbitkan di sebuah jurnal di mana saya jadi reviewer. Sebelum saya membuat postingan ini.

Sekian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s