#2 Tugas Marketing Politik: Digital Marketing and Personal Branding

Selamat pagi teman-teman, pagi ini 8 derajat celcius di Wassenaar. Oh ya, saya tinggal sekitar 20 menit naik Bus 43 ke Kampus Univesitas Leiden. Nah Universitas Leiden adalah kampus terbaik di dunia untuk belajar tentang Asia, khususnya Asia Tenggara. Banyak naskah tersimpan, yang walaupun tentang Indonesia, tak ada di Indonesia. Manurut Marie, petugas perpustakaan, panjang koleksi tentang Indonesia sepanjang 12 kilometer.

Saya doakan anda semua bisa sampai ke sini ya πŸ™‚

Salah satu materi kita adalah political digital marketing. Bagaimana menggunakan internet untuk melakukan pemasaran politik. Dalam sesi ini, digital marketing akan tersambung kepada materi kemarin, (personal) branding. Jadi bagaimana personal branding dibentuk melalui digital marketing. Kira-kira begitu.

Ada beberapa bahan yang bisa di baca:

  1. Is there Personal Branding in Politics.
  2. The complete guide to building personal branding.
  3. 11 Digital Marketing tips.

Nah saya akan memberikan tugas yang menantang, yaitu membuat personal blog anda sendiri dan membangun personal branding anda sendiri. Kenapa tentang anda? katakanlah ini sebagai portofolio sebelum anda menjadi konsultan untuk orang lain atau organisasi. Dunia digital adalah masa depan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat Blog baru, boleh di blogspot atau wordpress, ambil yang gratisan dengan memilih nama yang oke, diakhiri .blogspot.com atau .wordpress.com. Pilihan nama harus betul-betul menampilkan brand apa yang mau anda bangun. Anda bisa membangun brand yang serius, lucu, konyol, aktivis, religius, dsb. Yang terpenting adalah: otentik.
  2. Buat satu page/posting yang berisi profil anda, sebaik mungkin. Isinya menggambarkan profil diri anda. Boleh keseluruhan aspek, maupun satu aspek tertentu. Nah perhatikan, ketika anda menulis profil, pikirkan kira-kira siapa yang baca atau anda harapkan baca (segmenting, targetting) dan tentukan profil seperti apa yang anda akan buat (positioning). Gunakan foto terbaik yang menggambarkan diri anda. Terbaik bukan berarti terganteng atau tercantik, tapi relevan dengan brand yang dibangun.
  3. Pilih keyword yang sesuai. Keyword adalah salah satu yang terpenting untuk membangun brand. Penguasaan keyword akan membuat anda eksis di dunia maya, yang ditunjukkan dengan hadirnya blog anda di halaman nomor satu google. Coba deh cari dosen ganteng di mbah google, maka foto saya (yang posenya nggak ganteng) dan blog saya (www.abdul-hamid.com) akan nangkring di halaman satu pencarian google. Tentu saya muncul di google bukan karena semata ganteng, tapi karena menggunakan keyword dengan tepat. Apakah keyword “dosen mesum” juga bisa digunakan? bisa !
  4. Setelah langkah sampai nomor 3 selesai, silahkan sambungkan blog anda dengan sosial media yang anda miliki, setidaknya facebook. Seharusnya bisa otomatis di setting. Nah kalau tidak bisa , copy url dan paste di postingan facebook.
  5. Nah setelah selesai, silahkan posting di kolom komentar mulai minggu depan (Tgl. 7 November): nama, kelas, nama blog, dan keywords yang digunakan. Misalnya:

John Rambo (VIA), http://www.rambojagomasak.blogspot.com. Keywords: Mahasiswa Jago Masak, Resep Enak Ala Mahasiswa, Masakan Mahasiswa.

Oh ya, saya mewajibkan anda memfollow blog ini, lihat sebelah kanan, ada ikuti http://www.abdul-hamid.com, dan juga membaca https://abdul-hamid.com/profil-abdul-hamid/ sebagai contoh. Anda bisa melihat bahwa audiens utama blog ini adalah mereka yang ada di dunia pendidikan tinggi (dosen, mahasiswa) dan pengunjung blog ini sekitar 1000 orang perhari. Maka profil yang saya buat lebih menunjukkan aspek akademik, bukan aspek lain misalnya tentang hobi saya memelihara kucing atau memasak. Lantas kenapa saya memilih nama Abah Hamid? karena Abdul Hamid nama pasaran, dan posisi Sultan Abdul Hamid dari Ottoman di dunia maya sudah terlalu kuat.

Silahkan juga membuka-buka blog/personal website politisi, baik luar negeri (Obama, Trump, Macron) atau Indonesia.

Tentang panduan membuat blog, rasanya banyak bertebaran di internet ya.

Baik, saya tunggu pelaksanaan tugas ini. Setelah membaca postingan ini, silahkan absen di kolom komentar seperti biasa. Pengumpulan tugas blog adalah absen untuk minggu depan.

Catatan penting: Jangan Seadanya ya, buat sebaik mungkin dengan kemampuan sendiri. Dunia digital adalah masa depan, anda harus mau belajar dan beradaptasi.

Sebagai reward, akan ada 3 souvenir dari Belanda untuk 3 blog terbaik πŸ™‚

Kalau ada pertanyaan juga silahkan di kolom komentar.

Salam dari Belanda πŸ™‚

WhatsApp Image 2017-10-31 at 19.21.52

 

Iklan

77 comments

  1. Shelly Agustia M (6670142260) 7B
    travelingzamannow.blogspot.co.id/2017/11/travel-zaman-now.html

    keywords: kekinian, now, shelly, traveling, zaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s