Masih di Leiden

Di luar lamat-lamat terdengar anak kecil berlarian sambil cekikikan. Denis terlihat bermain dengan anak-anak yang lebih kecil. Mereka sedang melakukan trick and treating, merayakan halloween dengan berkeliling memakai kostum meminta kue dan cokelat ke rumah-rumah tetangga. Ah sayangnya kurang seram, tak ada yang pake kostum tuyul, pocong atau kuntilanak.

***

Hari ini kami pulang agak sore dari Leiden, tepatnya pasar sabtu (saturday market) di Leiden, yang kabarnya terbesar di Belanda. Ya sebelum ke pasar, kami melakukan kunjungan ke Rijkmuseum van Oudheden dekat kampus, ditemani Pak Ron Habiboe.

WhatsApp Image 2017-10-28 at 22.06.06

Angin bertiup kencang membawa udara dingin. Untunglah bawa antangin. Sayang bukan endorser berbayar, he he

WhatsApp Image 2017-10-28 at 12.02.40

Di museum ada spesial exhibition tentang Nineveh, yaitu kerajaan besar masa lampau yang berada di sekitar Suriah sekarang. Berbagai artefak terkumpul dan bisa disaksikan. Serius banget ya mereka.

WhatsApp Image 2017-10-28 at 11.47.16

Yang menarik adalah kisah Bangsa Nineveh termuat dalam Injil dan Al Qur`an sebagai kaum Jonah atau Nabi Yunus. Termasuk kisah dimakan ikan paus, digambarkan dalam lukisan sebuah lukisan.

***

Nah setelah makan siang dengan bekal dari rumah masing-masing, sebagian melanjutkan ke pasar sabtu tadi. Bermacam-macam hal dijual: pakaian, makanan, minuman, buah-buahan, sayuran, dan termasuk keju. Keju-nya besar-besar sebesar ban bemo di Jakarta.

WhatsApp Image 2017-10-28 at 10.34.00

WhatsApp Image 2017-10-28 at 22.29.55 (1)WhatsApp Image 2017-10-28 at 22.29.55

Sempat mencoba ikan hearing yang katanya jadi favorit ditraktir Bu Lely. Mau borong keju sih, tapi ntar aja deh pas mau pulang.

***

Sebetulnya hari sibuk ya kemarin (27/10), dimulai dari pelatihan penggunaan fasilitas di perpustakaan Universitas Leiden, membuat kartu anggota perpustakaan, dapet kuliah dari Prof Henk Schulte Nordholt, dan sesi persiapan program dari Prof. Bambang dan Mbak Nancy.

Dan sepertinya agenda di sini bakal padet sekaleh sodara-sodara. Ada perkuliahan yang lumayan banyak ditambah tugas. Dan karena itulah kami ada di sini. Jadi kalau foto-foto nampak bahagia, ya itulah upaya pengalihan isu saja. Percayalah 🙂

WhatsApp Image 2017-10-28 at 14.19.29

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s