Seminar di Bali

Hari ini saya memimpin sebuah pasukan tim peneliti untuk melakukan presentasi hasil penelitian kami mengenai Perluasan Subyek Peradilan Etika DKPP. Hari ini adalah pemuncak setelah sekira dua bulan kami pontang-panting melakukan pengumpulan data, wawancara, dan FGD.

Dua hari lalu sebagai bagian dari riset ini, kami juga menyelenggarakan Seminar hasil di Serang, dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa.

Hanya 6 perguruan tinggi di Indonesia yang bekerjasama dengan DKPP, yaitu UI, Usakti, Untirta, UNDIP, UT dan Universitas Udayana, serta LIPI.

Screenshot 2017-05-24 15.14.41

Alhamdulillah, presentasi berjalan lancar dan diapresiasi oleh para komisioner.

WhatsApp Image 2017-05-24 at 14.01.53

Yang menarik adalah bahwa terdapat dua Doktor Untirta yang menjadi tenaga ahli di DKPP. Mereka Dr. Firdaus, ahli tata negara yang bahkan sempat menimba ilmu langsung ke Mbah Liddle di Ohio. Satu lagi Dr. Fery lulusan universitas terkemuka, Kanazawa University di Jepang.

Asset Untirta ternyata berkiprah di level nasional, berkontribusi langsung pada bulat lonjongnya politik, pemerintahan dan hukum negara ini. Luar biasa.

Saya jadi ingat seorang kawan yang suatu saat saya temukan tidur-tiduran di Mesjid. Ia mengaku tak ada meja. Padahal doktor dari negeri Belanda dan sempat postdoc di negeri Singa. Belakangan beliau kembali sibuk di Ibukota, nempel Menteri. Dipakai lagi di pusat kekuasaan, mengurusi pendidikan.

Ada banyak intellectual capital di Untirta. Jumlah doktor setiap wisuda dibacakan, mungkin sekarang sudah mencapai 150 orang.

Namun tentu saja, kredibilitas sebuah Universitas bukan hanya tergantung kepada  berapa banyak jumlah mereka secara statistik, namun lebih kepada bagaimana mereka berkontribusi dan dikontribusikan.

Untuk mereka, SDM berkualitas — hidup mereka seperti air. Mengalir dan jika tak tertampung bisa mengalir di mana saja, meluber, atau meluap. Bahasa kerennya Brain Drain.

Begitu menurut saya mah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s