Panduan Akreditasi Jurnal Dikti

Siang ini seorang sahabat meminta saya mencarikan panduan akreditasi jurnal Dikti. Nah rupanya sulit sekali didapatkan, terutama yang terbaru. Jadilah saya membuat tulisan ini.

Panduan akreditasi jurnal mengacu kepada dua produk hukum, pertama adalah Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 49/DIKTI/Kep/2011. Tahun ini, akreditasi jurnal edisi cetak masih mengacu ke PerDirjen ini. Sebetulnya ada produk hukum terbaru, yaitu PerDirjen Dikti No. 1 tahun 2014. Akreditasi jurnal online mengacu ke produk hukum yang ini sesuai surat edaran Direktur Litabmas No. 0252/E5.4/HP/2015.
Screenshot 2015-09-07 13.37.41

Nah berikut silahkan disedot

  1. Surat Edaran Direktur Litabmas No. 0252/E5.4/HP/2015.
  2. PerDirjen Dikti No.49 tahun 2011
  3. PerDirjen Dikti No. 1 tahun 2014

Oh ya sebagai catatan, Dikti dan Lipi memang sedang mengusahakan sistem akreditasi tunggal. Selama ini (Baca: sampai saat ini) jurnal yang terakreditasi LIPI dikategorikan jurnal tidak terakreditasi oleh Dikti. Tapi sampai sekarang belum ada ketentuan bersama dari Dikti dan LIPI. Jadi akreditasi jurnal di perguruan tinggi tetap menggunakan panduan Dikti.

Oh ya, untuk mengetahui jurnal mana saja yang terakreditasi Dikti, silahkan dibaca daftar lengkap jurnal yang terakreditasi Dikti di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s