Kuliah di semua tingkat memiliki kesan sendiri-sendiri.

Kuliah S1 tentu saja paling menyenangkan. Menanggalkan seragam putih abu-abu, masih kurus,  belajar organisasi (dan berpolitik tingkat kampus tentunya) serta bergaul tentu saja. Kuliahnya lama pula, saya dulu sampai lima tahun. Kenangan paling diinget sampai sekarang tentu saja ketika nggak lulus kuliah statistika sosial. Lha sebelum jam ujian bener2 gak belajar, habisnya mesti mempersiapkan diri menghadapi debat calon ketua senat mahasiswa fisip. Jadilah di lembar jawaban menuliskan puisi 😉 Begitu tak lulus, alhamdulillah saya terima dengan legowo, nggak pake mempraperadilankan dosennya, lha wong salah sendiri kok.

Kuliah S2 berjalan singkat dan cepat. Nggak ada cerita berorganisasi. Cuma kuliah, mengerjakan tugas dan baca buku. Tau-tau sudah mesti nulis tesis, dan tau-tau tesisnya selesai. Ha ha

Kuliah S3 berjalan lamaaa. Ya iyalah lha wong masih dijalani, belon lulus. Berbeda dengan masa S1 yang penuh romantika dan masa S2 yang penuh tugas. Kuliah S3 musuhnya ya diri sendiri. Mesti memperkuat disiplin diri berlipat-lipat. Kelihatannya memang santai, hampir gak ada kelas dan boleh ke kampus jam berapa saja. Tapi kepala ini isinya bahan disertasi semua, dibawa-bawa sampai ke dalam mimpi segala. Gimana nggak menderita tuh.

Lihatlah foto di bawah ini, di masa libur di kala mahasiswa S2 pada liburan dan teman2 lain (terutama orang Jepun) banyak juga yang pulang kampung, saya masih di kampus malem-malem begini, mengerjakan “sesuatu”sambil dengerin manusia bodohnya Ada Band. Sendirian pula di ruangan segede ini, hanya ditemani jam weker yang berdetak dan suara cekikikan yang suka dateng dari jendela. Duh kok jadi merinding…

2015-03-12 18.24.42

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s