Ternyata remunerasi BLU dan tunjangan kinerja agak berbeda. Di skema UNDIP dan UNPAD yang telah saya peroleh, remunerasi dibagi dua: gaji dan insentif kerja. Gaji adalah tambahan terhadap gaji PNS dan bersifat fix ketika dosen mengerjakan tugasnya dengan baik (12 SKS). Sementara insentif kerja merupakan tambahan yang satu orang dan orang lain bisa berbeda, tergantung cara penghitungan SKS-nya dan juga nilai per-SKSnya.

Oh ya jika tunjangan kinerja dari pemerintah yg diatur perpres yang dibayarkan hanya selisih antara tunjangan kinerja dan serdos, dalam remunerasi BLU serdos tetap dibayarkan. Bisa dilihat di gambar di bawah ini

Screenshot 2015-01-14 20.12.37 Screenshot 2015-01-14 20.12.50
(Oh ya ini beberapa info remunerasi: Besaran remunerasi UNDIP, UNPAD, UNG)
Selengkapnya pedoman implementasi Remunerasi UNPAD bisa dibaca di pedoman di bawah ini

 

Oh ya jika anda bertanya kenapa kok saya kerajinan menulis soal remunerasi dosen, ada beberapa alasan
(1) Isu kesejahteraan dosen sudah terlalu lama menjadi wacana dan berjalan amat lambat. Saya berharap penyebaran informasi semacam ini membuat implementasi kebijakan untuk kesejahteraan dosen berjalan lebih cepat dan meluas. Setidaknya anda yang di PTN dan belum remunerasi mulai bisa bertanya ke Rektor masing-masing, “UNDIP dan UNPAD sudah jalan lho, kampus kita bagaimana?” Semoga mereka bekerja lebih cepat.
(2) Diharapkan muncul wacana baru instrumen kesejahteraan untuk dosen PTN non BLU dan juga rekan-rekan dosen PTS. Dalam konteks ini tunjangan fungsional dosen sebaiknya tetap dinaikkan dan pemerintah melaksanakan subsidi kepada dosen PTS sesuai perintah undang-undang. Jika perlu Dikti mestinya membuat Gaji minimum dosen sesuai jenjang fungsional dan tingkat pendidikan.
(3) Jika kesejahteraan terwujud, tak ada alasan dosen menyibukkan diri di luar kampus. Mari balik ke kampus dan mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. Mestinya pendidikan tinggi kita menjadi lebih baik.
(4) Blog ini sudah beberapa tahun ini mengumpulkan berbagai informasi terkait pendidikan tinggi karena justru minimnya informasi dari sumber-sumber resmi Dikti.Termasuk masalah remunerasi.

Iklan

2 tanggapan untuk “Pedoman Implementasi Remunerasi BLU Unpad

  1. Terimakasih ya mas atas infonya.

    2015-01-14 3:29 GMT-08:00 http://www.abdul-hamid.com :

    > http://www.abdul-hamid.com posted: “Ternyata remunerasi BLU dan tunjangan > kinerja agak berbeda. Di skema UNDIP dan UNPAD yang telah saya peroleh, > remunerasi dibagi dua: gaji dan insentif kerja. Gaji adalah tambahan > terhadap gaji PNS dan bersifat fix ketika dosen mengerjakan tugasnya dengan > “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s