Iman memang betul-betul diuji di akhir tahun.

Bukan soal mengucapkan natal atau tidak. Tapi bagaimana bertahan menghadapi serbuan diskon yang gila-gilaan, he he.

Kalau ndak, panas sepanjang tahun bisa dikalahkan hujan sehari.

Tapi saya punya cara pandang lain. Bagaimanapun, jika anda punya cukup strategi pengelolaan keuangan yang baik, disiplin dan teratur, anda berhak menikmati diskon akhir tahun.

Katakanlah begini, anda menunda membeli sepatu idaman dan bertahan memakai sepatu yang agak kumal di musim normal dan kemudian memilih membelinya di musim diskon. Menurut saya ini cara yang cerdas. Sisa duitnya masih bisa beli bakso atau nambah tabungan haji toh.

Tapi kalau anda sudah tiap hari belanja tanpa peduli perlu atau ndak barangnya dan diskon atau ndak, ya mesti dipikir-pikir dulu. Seni berburu diskon adalah kegembiraan mendapatkan barang idaman berkualitas dengan harga serendah-rendahnya, he he.

Di Jepun, diskon bisa muncul dengan berbagai cara dan bentuk. Di pusat perbelanjaan secara normal sejak minggu terakhir desember harga-harga sudah diskon gila-gilaan. Seorang sahabat baru saja mendapatkan sebuah jaket keren seharga 3000 yen dari harga 28.000 yen.

Nah di toko online juga begitu, sudah sejak beberapa hari lalu amazon juga menyediakan halaman diskon yang cukup gila-gilaan.

Screenshot 2014-12-26 14.25.42

Hmm di Indonesia, penawaran diskon sebuah situs belanja online ini juga betul-betul menarik. Ada yang sampai 80% lho.

Screenshot 2014-12-26 14.28.35

Tapi tentu saja, lakukan survey selalu untuk membandingkannya dengan harga normal. Jangan sampai belanja barang yang sebetulnya tidak diskon (dinaikkan trus diturunkan) atau diskonnya tidak signifikan.

Selain itu, pastikan jangan menuruti nafsu. Jika saatnya beli gadget, pastikan gadget memberi manfaat buat pekerjaan atau kualitas kehidupan kita, bukan sebaliknya.

Oh ya, tulisan selanjutnya soal lucky bag atau fukubukuro di Jepun ya. Ini salah satu bentuk diskon juga, tuh lihat gambar di bawah, orang ngantri di apple store tanggal 2 Januari setiap tahunnya. Mereka sampe nginep di kursi lho walaupun musim dingin.

apple-2012-lucky-bag-fukubukuro

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s