Penyimpanan Awan Unlimited

Kemarin saya benar-benar girang, akhirnya bisa punya juga unlimited storage di dunia maya alias penyimpanan awan.

Hmm sebelum ngomongin itu, saya mau cerita dulu kalau saya punya banyak sekali cloud storage ๐Ÿ˜‰

Maklumlah sebagai dosen dan mahasiswa yang rajin ngumpulin jurnal, buku, data penelitian atau film, nggak boleh ada cerita data atau file hilang gara-gara komputer rusak, flashdisk nyemplung atau hardisk jebol. Semuanya bisa kita simpan di awan secara gratis. Sebagai pengajar juga begitu, data bahan ajar atau presentasi musti tersimpan dengan aman dan nyaman ๐Ÿ˜‰

Nah, ini dia review singkat beberapa cloud storage yang saya pakai. Masing-masing memiliki ukuran dan kegunaan berbeda-beda

1. Dropbox,

Nah ini cloud storage ย yang paling saya andalkan. Pasalnya dia bisa menjadi salah satu drive di komputer memudahkan kerja saya. Satu diinstall di laptop di rumah, satu lagi di kampus. Jadilah ada folder yang selalu tersinkronisasi. Nah dropbox inilah yang sampai saat ini berhasil mengatasi hambatan proxy di kampus saya. Yang lain tidak berhasil lewat. Hanya saja kapasitas dropbox saya terbatas. Sampai tulisan ini dibuat baru sekitar 60-an GB saja. ย Sebagian dari program referall.

Keuntungan jadi drive adalah bisa memperlakukan data di dropbox sebagaimana datanya ada di drive komputer. Misalnya saya mau upload untuk gambar, tinggal klik “add media” dan memilih file di dropbox. Sungguh simpel. Saya juga jadi tidak khawatir kehilangan data lagi. Data-data penelitian yang sedang saya pakai secara harian saya simpan di dropbox.

Screenshot 2014-12-05 17.43.24

Oh ya kelebihan lainnya, dropbox ini benar-benar terintegrasi dengan gadget. Fitur camera uploadnya bisa menyimpan foto yang diambil dengan smartphone langsung ke dropbox (hati2 mesti pake wifi only, kalau pake data seluler bisa bikin pulsa atau kuota internet jebol). Bahkan hasil printscreen juga bisa tersimpan langsung di dropbox.

Ada dua pilihan penggunaan, pertama bisa menggunakan versi website. Artinya, data diupload di websitenya dan kalau butuh tinggal masuk web dan ambil datanya. Cara kedua dengan menginstall aplikasi dropbox dan menjadikannya drive. Jadi data juga tersimpan secara offline di komputer/laptop sekaligus online, tersinkronisasi otomatis. Dianjurkan untuk data yang setiap waktu atau sering dipakai. Mantap kan, ayo install dengan klik tautan ini.

2. Mega

Mega ini punya Kim dot com. Saya punya account free. Barusan saya cek ternyata kuotanya hanya 50GB, padahal saya nyimpen data sekitar 60GB. Rasanya dulu sih masih unlimited ketika saya ndaftar. Kebanyakan yang disimpan di sana file multimedia.

Screenshot 2014-12-05 17.49.52

3. Onedrive

Ini storage punya microsoft. Begitu daftar kita akan mendapatkan 15GB. Kalau menginstall aplikasinya di smartphone dan mengaktifkan fitur camera upload, maka dapat lagi 15GB. Ada juga program referall. Nah keuntungannya adalah onedrive bisa diintegrasikan dengan microsoft office. Saya menyimpan sebagian file office di onedrive.

Screenshot 2014-12-05 17.48.32

4. iCloud

Screenshot 2014-12-05 17.16.49

Kalau ini Apple punya. Saya pakai untuk menyimpan file presentasi yang dibuat di mac, utamanya yang dibuat pake keynote. Kuotanya hanya sedikit, namun menariknya adalah di web icloud juga bisa menjalankan program yang ada di mac secara online. Misalnya saya mau presentasi pake keynote sementara laptop yang dipakai pake windows. Nah file keynote disimpan di icloud dan di komputer yang dipakai presentasi kita buka web icloud. Kita bisa presentasi deh dengan keynote. tentunya butuh akses internet yang maknyuss.

5. Flickr dan Photobucket

Screenshot 2014-12-05 17.29.39

Keduanya adalah penyimpanan online untuk foto. Karena saya suka motret, maka ada suatu waktu hardisk saya penuh dengan foto. Nah dulu saya nyimpennya di photobucket. Namun setahun belakangan saya memindahkan hasil motret ke flickr. Kuotanya 1TB Bro ;). Selain itu foto bisa diset private atau public. Ada fasilitas follow juga seperti instagram. Nah menariknya flickr ini menyatu dengan account yahoo kita. Jadi asal punya account yahoo, bisa sign in di flickr.

Screenshot 2014-12-05 17.29.55

6. Google Drive

Nah ini juga yang paling menarik. Sebagai pengguna biasa saya hanya punya 15GB.

Screenshot 2014-12-05 17.33.12

Tapi beberapa waktu lalu saya mencoba aplikasi google for education dan mendapatkan kuota unlimited. Yups kebetulan saya punya website ini (www.abdul-hamid.com) yang ternyata bisa terverifikasi oleh google.Screenshot 2014-12-04 07.18.00ย Saya girang sekali ๐Ÿ˜‰ Unlimited Man !

Sayangnya memang google drive ini tak lolos proxy kampus saya. Jadilah dia gudang untuk menyimpan file-file penting namun sedang tak dipakai harian seperti berbagai e book atau jurnal.

Hmm soal cara aplikasi dan panduan verifikasi untuk dapat unlimited cloud storage nanti di tulisan berikutnya ya ๐Ÿ˜‰

Kesimpulannya. Nomor satu bagi saya dropbox karena sinkronisasinya paling hebat dan ada sistem referall. Yang kedua flickr karena kuotanya raksasa dan saya pakai secara khusus nyimpen foto. Ketiga, google drive karena saya punya kuota tak terbatas di sana. kalau persoalan sinkronisasi selesai, dia akan jadi nomor satu ;). Hmm icloud dan one drive oke juga sih, karena terintegrasi dengan office dan iwork yang keduanya saya pakai.

Nah kalau mau tahu atau daftar, monggo klik setiap aplikasi di atas ya.

Iklan

3 comments

  1. BTW itu gimana supaya akun GDrive supaya UL? Bisa tolong dibahas cara-caranya supaya punya beberapa file yang kehapus di Cloud File Hosting ๐Ÿ˜ฆ
    Email me yaa kalo sempet pengen ngebahasnya supaya saya bisa tau ๐Ÿ˜€
    Email : stevan.mars@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s