Selamat Hari Guru !
Ya kemarin hari guru, bukan hari dosen.
Guru bukanlah dosen, walaupun tugas utama guru yaitu mengajar juga adalah salah satu (dari tiga) tugas utama dosen. Ya, hanya salah satu karena dua tugas lainnya tidak kalah penting, yaitu penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Bahkan, nampaknya penelitian akan menjadi tugas yang lebih utama karena dosen sekarang berada di bawah Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi bukan Kemendikbud lagi. Bahkan sebetulnya Kemendikbudpun tidak langsung mengelola kepegawaian guru, karena guru adalah pegawai pemerintah daerah (Pemda). karena pegawai pemda, maka guru boleh mendapatkan tunjangan kinerja pemerintah daerah.
Dosen bukan guru.
Persyaratan dasar bekerja (bukan mengabdi) sebagai dosen juga berbeda dengan guru. Dosen minimal S2 sementara guru cukup S1. Dosen dituntut melanjutkan pendidikan ke jenjang S3, sementara guru tidak. Penilaian kinerja dosen di semua jenjang mensyaratkan penelitian yang dipublikasikan, bahkan di jurnal internasional bereputasi.
Jadi memang beda.
Namun gaji dan sertifikasi dosen sama dengan sertifikasi guru, sebesar gaji pokok.
Ini hal yang aneh sebetulnya. Lazimnya, perbedaan requirement (misalnya pendidikan) dalam pekerjaan profesional mestinya berimbas pada perbedaan penghasilan.
Namun nampaknya, kita dan sebagian besar masyarakat memang keliru, menganggap dosen adalah guru dan sebaliknya.
Tidak, ini kekeliruan berpikir. Dosen bukanlah guru yang mengajar di perguruan tinggi. Dosen adalah pekerjaan profesional yang berbeda, yang selain mengajar punya kewajiban membaca, menulis, penelitian lapangan atau laboratorium, melakukan presentasi di forum-forum ilmiah, dan sebagainya.
Saya berpikir ketertinggalan dunia pendidikan tinggi kita memang karena konstruksi keliru tadi, dosen dianggap guru yang tugasnya hanya mengajar, sehingga kita tidak berpikir untuk membangun hal-hal di luar urusan mengajar.
Giliran tertinggal dengan Malaysia, baru kebakaran jenggot.
Dosen bukan guru. Ini bukan soal pekerjaan mana lebih hebat dari yang mana, ini dua pekerjaan yang berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s