Mau cerita soal dapur ah…

Seminggu terakhir ini saya kewalahan mempertahankan target.

Biasanya, pengunjung blog ini setidaknya mencapai 1000 pageviews perhari. 

Mencapainya tentu saja tidak mudah, apalagi tidak ada tips SEO yang canggih-canggih. Saya hanya berusaha menulis satu posting dalam satu hari dan kemudian membaginya di jejaring sosial.

Ya, sejak beberapa hari kemarin pageviews perhari berkurang dari 1.029 menjadi 944, 877, 677, 549 dan 477. 

Screenshot 2014-09-01 10.04.05

Khusus dua hari terakhir saya memang tidak menulis hal baru dan juga tidak berpromosi di media sosial. Dan secara umum weekend memang waktu dimana pengunjung blog ini menurun. Mungkin karena saya juga sedang mempromosikan blog sebelah: tentang kyoto.

Jadi dalam kondisi tidak diapa-apakan, pageviews blog ini memang cukup baik sebetulnya, setidaknya 400 orang sehari. Termasuk anda, ya anda yang lagi baca 😉

Kalaulah boleh membagi tips ngeblog, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan.

1. Ngeblog itu soal passion, kita memang mesti menyukai ngeblog. Alasan silahkan dicari sendiri-sendiri, setiap orang pasti berbeda. Kalau buat saya ada beberapa hal: blog ini diary pribadi, jadi menulis hal-hal kecil yang dialami; blog ini tempat berbagi hal-hal bermanfaat, maka saya nulis soal dunia pendidikan tinggi, gadget, dll; blog ini tempat mencatat hal-hal penting buat kita dan orang lain yang gampang kita temukan kalau lupa; blog ini seperti rumah yang kita bisa perlakukan sesuka hati namun tetap nyaman buat orang lain juga.

2. Putuskan mau menulis blog spesial atau blog gado-gado. Blog spesial artinya blog dengan tema khusus. Contohnya: www.dosenindonesia.netwww.tentangkyoto.com atau cikopi.com. Ketiga blog tadi memiliki tema khusus (anda bisa tebak kan?), memiliki target pengunjung khusus, (mestinya) mudah terindeks mesin pencari. Nah kalau blog abdul-hamid.com atau rahard.wordpress.com ini adalah blog gado-gado, jadi memang isinya campur-campur. Kadang curhat, opini, isu politik, isu pendidikan tinggi, dan lain-lain. Lebih butuh waktu untuk eksis di mesin pencari namun memiliki segmen yang lebih luas, seluas topik yang ditulis di setiap tulisan. Mengherankan bukan jika anda mengetik keyword “memperbaiki macbook”, maka bolg ini akan muncul di baris pertama halaman pertama Mbah google. Padahal tentu saja saya bukan ahli memperbaiki Mac, namun hanya menuliskan pengalaman memperbaiki Mac secara mandiri.  

3. Menulislah satu posting sehari. Ini menunjukkan kita punya komitmen memelihara blog ini. Secara teratur Mbah Google juga akan meng-crawl tulisan kita. jadi posisi kita di mesin pencari akan cukup baik. Dengan menulis teratur, skill menulis juga akan cepat meningkat secara alamiah. 

4. Berbagilah di media sosial. Sebaik-baiknya sarana marketing jika blog anda posisinya di mesin pencari belum kuat adalah media sosial. Perhatikan gambar di bawah, atau cek bagian referrers di dashboard blog anda. Dari 571 pengunjung blog sayatanggal 25 Agustus, 334 datang dari search engine. Ini artinya http://www.abdul-hamid.com cukup dikenal baik di mesin pencari. Namun 110 pengunjung juga datang dari facebook. Cukup signfikan kan?

 Screenshot 2014-09-01 11.02.24

5. Buat saya ada dua tipe tulisan: tulisan yang bersifat abadi dan tulisan yang booming namun sekejap. Tipe pertama memiliki keyword unik dan target khalayak yang jelas. Misalnya, tulisan trio macan telanjang bulat di bathtub. Tulisan ini akan menempati ranking satu jika dicari dengan keyword trio macan telanjang. Ya, keywordnya unik dan sasarannya jelas: para pencari kenikmatan dunia di internet. Tulisan ini secara teratur menyumbang pageviews beberapa puluh setiap harinya. Sebetulnya tulisan terbaik tipe ini adalah: Menjadi Dosen di Indonesia. Tulisan ini menjadi referensi para dosen dan calon dosen di Indonesia, dan memang dibuat serius sekali. Ratusan orang membaca tulisan ini setiap harinya. 

6. Jangn lupa categories dan tags, mesti diisi dengan jelas ya. Categories ini seperti rubrik di majalah. Jadi tulisan yang memiliki kesamaan tema,  ada di satu kategori. Misalnya tulisan ini saya masukkan ke dalam kategori ngeblog. Sementara tags adalah kata kunci (keywords) yang merepresentasikan sebuah tulisan. Seperti tulisan-tulisan soal dunia dosen terkumpul dalam tags karier dosen. 

7. Nah, kalau tulisan booming namun sekejap seperti beberapa tulisan di seputar pilpres. Tulisan Jika Saya dan atau Anda Nyapres, meledak sewaktu masa pilpres, menjadi viral di media sosial, dibagikan oleh para pesohor twitter dan bahkan jadi thread yang cukup populer di kaskus. Pembaca tulisan ini dalam satu hari mencapai 13.918. Namun memang begitu musim politik usai, jarang sekali yang membaca tulisan ini.

Screenshot 2014-09-01 10.53.35

8. Jika anda membuat tulisan yang berkaitan dengan tulisan lain di blog, jangan malas buat link di dalam tulisan. Ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama. Tapi pastikan berkaitan ya, kalau tidak itu namanya ngapusi.

9. Oh ya, ada kesempatan mendapatkan imbalan materi dari blog seperti adsense. Tapi jadikan itu faktor pendorong saja, bukan hal utama. kecuali anda memang praktisi blog/web profesional, lain ceritanya. Tapi jika sebagai hobi saja, anggap saja pendapatan sebagai permen penggant biaya domain/hosting. Saya menuliskan pengalaman dengan wordads di sini

Hmm itu dulu deh, nanti kalau ada lagi saya tambahkan. 

Selamat Hari Senin !!!

 

Iklan

5 tanggapan untuk “9 Rahasia Ngeblog a la Abah Hamid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s