Saya nggak jago SEO dalam aspek teknis. Artinya, saya nggak terlalu mendalami dan memaksakan diri menggunakan tips dan trik tertentu dalam SEO. Pernah sih mencoba beberapa trik untuk sekedar tahu saja.

Saya lebih suka prinsip yang saya pelajari dari Mas Budi Rahardjo, menulis satu post dalam satu hari. Dalam situasi seperti apapun, sesibuk apapun juga. Ya, tentu saja tidak mudah membangun kebiasaan itu. Tapi saya percaya ini cara paling alamiah daripada mengakali mesin pencari dengan berbagai trik ribet.

Paling yang saya lakukan adalah selalu membagi tulisan saya di media sosial, utamanya facebook.

Cara alamiah ini memang membuat blog masuk ke mesin pencari dengan alamiah, terindeks secara teratur dan pada akhirnya memiliki posisi yang kuat. Sampai sekarang saya sendiri masih takjub, bagaimana mungkin kalau kita mencari trio macan telanjang, maka akan sampai ke blog ini. Moga-moga nggak lantas dianggap blog porno sama Om Tifatul ya. 

Saya sendiri sedang mempelajari apakah cara SEO alamiah ini berlaku dan bisa berkompetisi dengan kawan-kawan lain yang saya percayai melakukan berbagai trik canggih. Makanya saya coba ikut kompetisi SEO yang dilakukan oleh Asus dengan menulis soal Asus Zenfone.

Tulisan dibuat kemarin dan seharian tidak terindeks oleh Google. Cached rupanya dilakukan oleh Google kemarin malam pk. 11.05.36. Saya cek tadi pagi sudah terindeks, di halaman 7.  Kita lihat pertumbuhan setiap harinya ya. 

Screenshot 2014-08-27 07.00.33

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Catatan Soal Ikut Lomba SEO (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s