Gaji dan Biaya Kuliah

Berapa gaji anda? berdasarkan itulah anda bisa mengetahui berapa biaya menguliahkan anak anda di PTN. Ya, Mendikbud membagi mahasiswa berdasarkan kelas-kelas sosial. Mereka yang miskin membayar lebih murah dan yang kaya membayar lebih mahal. Istilah kerennya subsidi silang.
Adil?
Bagi saya sih tidak. Mengapa? karena PTN adalah institusi publik yang dibiayai oleh pajak warga negara. Dan kita, sebagai warga negara sudah membayar pajak. Mereka yang kaya membayar lebih besar, dan yang miskin membayar lebih sedikit.
Dalam konteks keadilan, maka biaya kuliah seharusnya sama.
Tapi sudahlah, ini sudah jadi Peraturan Mendikbud.
Berikut Permendikbud No. 73 tahun 2014 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal di berbagai PTN/ PTBH seluruh Indonesia


Lampiran I

Lampiran II

Lantas dari mana kita mengetahui dengan penghasilan kita berapa biaya kuliah yang mesti dibayar. Jawabannya memang ada di SK yang dikeluarkan setiap PTN. DIbawah ini contoh SK UKT di Untirta, PTN yang ada di Banten. Saya pikir tak akan beda jauh dengan PTN lain. Misalnya jika anda PNS dengan gaji Rp. 3000.000,- s/d Rp. 5.000.000,-, maka putra anda mesti membayar biaya kuliah Rp. 5.000.000,- untuk kuliah di Fakultas Ekonomi.

Sayang sekali SK tersebut tidak mempertimbangkan jumlah anak yang mesti dibiayai setiap keluarga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s