Panduan Memulai Berkarir Sebagai Dosen di Indonesia Bagi Anda yang Bergelar Doktor

  • Anda akan diangkat menjadi PNS dengan golongan Penata Muda IIIC (Untuk dosen non PNS setara dengan golongan tersebut)
  • Dalam pengangkatan pertama di jabatan akademik/fungsional dosen, anda bisa diangkat kedalam jabatan akademik Lektor dengan syarat:
    1. Minimal telah setahun mengajar
    2. Memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional
    3. Melaksanakan sekurang-kurangnya satu kegiatan pengabdian pada masyarakat
    4. Telah memenuhi sekurang-kurangnya 10 angka kredit di luar ijazah sejak dangkat sebagai dosen tetap
  • Setelah memiliki jabatan fungsional anda bisa memenuhi persyaratan untuk mengikuti program sertifikasi dosen, dengan catatan masuk ke dalam kuota dan mengikuti antrian (urut kacang) di kampus. Ada prosedur lain dalam program sertifikasi dosen seperti mengisi berbagai isian online dan juga mengikuti TOEP dan TPA online.
  • Apakah tugas anda sebagai dosen?, silahkan perhatikan tabel berikut:Screenshot 2014-08-05 12.38.48Screenshot 2014-08-05 12.40.48

  • Setelah dua tahun di golongan IIIC anda bisa mengajukan kenaikan pangkat ke IIID. Jika angka kredit lektor anda  hanya 200, maka anda mesti mengumpulkan 100 angka kredit. Namun jika angka kredit lektor anda mencapai 300, maka anda tidak perlu mengumpulkan angka kredit lagi. Oh ya, walaupun sering disebut kenaikan otomatis, sebetulnya anda mesti tetap mengurus ke bagian kepegawaian dengan beberapa persyaratan administratif, terutama nilai prestasi kerja (DP3). Pola ini terus berlangsung setiap dua tahun, karena salah satu kelebihan jabatan fungsional dosen adalah boleh mengajukan kenaikan pangkat setiap dua tahun, berbeda dengan PNS struktural yang minimal 4 tahun.
  • Setelah dua tahun di Jabatan Fungsional akademik Lektor, anda bisa mengajukan kenaikan jabatan fungsional ke Lektor Kepala, dengan mengumpulkan angka kredit minimal 400 dikurangi angka kredit lektor anda. Oh ya, lebihan angka kredit di pengangkatan pertama tidak dapat dipakai dalam pengajuan selanjutnya alias hangus. Perhatikan juga persyaratan khusus, seperti kewajiban memiliki publikasi di Jurnal nasional terakreditasi dikti.
  • Untuk path career  selanjutnya silahkan perhatikan tabel berikut:

Screenshot 2014-08-05 12.29.09

  • Anda mau jadi guru Besar? ini syarat khususnya
  • Apakah bisa lebih cepat? Bisa saja. Ada jalur loncat jabatan dari Lektor langsung ke Guru Besar, perhatikan tabel di bawah ini :

Screenshot 2014-08-05 12.53.15

Sumber:

1. Permenpan RB 17 2013

2. Permenpan RB 46 2013

3. Jabatan Karir Dosen, Sesuai dengan PermenPAN dan RB No. 17 Tahun 2-13 Jo. No. 46 Tahun 2013 oleh Biro Kepegawaian kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Iklan

8 comments

  1. Mas trimakasih atas share infonya tulisannya sangat bermanfaat, dan saya suka data yang suguhkan cukup konperhensip. Dan saya pikir mas cukup berpengalaman prihal kedosenan. Kebetulan saya sedang kuliah di Istanbul Univ program Ph.D dan berniat menyelesaikan dulu kuliah baru jadi dosen. Salam kenal ya… 🙂

  2. Salam pak Hamid,
    Saya rencana pindah dari PND Gol IIID menjadi dosen PTN. Hitungan mandiri saya sebenarnya memenuhi jumlah KUM professor, apakah persyaratan 10tahun dosen tetap ini mutlak?

  3. Dear Pak Hamid,
    Terima kasih untuk share tulisan yang sangat menarik ini. Saya memulai karir sebagai dosen dengan ijazah S2 di PTN A tahun 2008. Sejak tahun 2013 hingga sekarang, saya melanjutkan studi S3 LN di negara B dengan beasiswa penuh dari pemerintah B. Status dosen saat itu adalah dosen tetap non-PNS, walaupun kenyataannya saya harus menandatangani dokumen kontrak setiap tahun :). Walapun demikian saya berusaha untuk menjalankan tugas Tri Dharma dengan sebaik-baiknya, akhirnya saya bisa mengajukan jafung hingga lektor (tertera sebagai dosen luar biasa) 280 poin tahun 2012. Saya berencana untuk tidak kembali ke PTN A karena usia yg sudah lebih dari 35 tahun sehingga kemungkinan diangkat menjadi CPNS tidak ada. Jika saya meniti karir di PTS, apakah jafung tsb masih bisa digunakan kembali untuk pengajuan jafung selanjutnya? sebagai tambahan saya belum mengurus NIDN juga, krn status yang belum tetap tsb. Mohon pencerahan dari Bapak. Terima kasih atas perhatiannya.

    • Wah persoalan ini memang complicated, ada kawan yang bisa diakui melalui proses inpassing, tapi banyak kasus tidak bisa. Tapi begini, ketika mengajukan menjadi dosen tetap dengan gelar doktor nanti, memang pengangkatan pertama di Lektor IIIc.

  4. Tulisan yang sangat bagus Pak Hamid. Apakah boleh seorang calon dosen (status CPNS sesuai SK Kementerian Lain sebagai Calon Dosen) yang saat ini masih proses tugas belajar S3 diajukan sebagai fungsional Dosen? Harapannya setelah lulus tidak menunggu terlalu lama untuk diajukan sebagai Dosen. Sebelum tugas belajar, yang bersangkutan sudah menjadi asisten selama kurang lebih 7 tahun. Mohon jika ada peraturan perundang-undangannya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s