Hari senin kemarin adalah hari pertama masuk sekolah. Timeline kawan-kawan saya banyak diisi oleh foto anak-anaknya yang masuk sekolah pertama kali. Ada yang masuk PAUD, TK, SD atau SMP. Senang melihatnya. Melihat anak-anak yang lucu-lucu bersemangat belajar, seperti melihat masa depan negeri ini, cerah dan menjanjikan.
Tapi timeline saya di minggu ini, juga diisi oleh cerita memalukan dalam pemilihan pemimpin Republik ini. Banyak dugaan kecurangan terjadi di mana-mana. Untung sudah zaman internet, formulir C1 bisa diupload, diperiksa keroyokan dan dilihat jika ada kecurangan. Anak-anak yang baru masuk sekolah itu mungkin tidak tahu jika yang melakukan kecurangan adalah kakak, paman, bapak, atau kakeknya. Mereka mendukung calon tertentu (atau mencari nafkah) dengan cara yang salah. Semoga hal salah ini tak justru dibanggakan kepada anak-anak yang baru masuk sekolah ini.

Sumber:https://www.facebook.com/photo.php?fbid=802183956461170&set=a.100844183261821.1842.100000087198095&type=1&theater

Tapi anak-anak yang baru masuk sekolah ini tak usah berkecil hati. Ada sekelompok masyarakat Indonesia juga yang menghalau kecurangan dengan gigih. Mereka bekerja keras dengan sisa waktu setelah bekerja, sisa tenaga, biaya sendiri dan kreativitas yang tinggi. Mereka yang menghalau kecurangan bisa jadi adalah kakak, paman, bapak, atau kakek dari anak-anak yang baru masuk sekolah itu.
Saya selalu percaya negara ini punya masa depan. Terlalu mahal jika kecurangan memimpin negara ini. Masa depan negara ini terletak di tangan kita dan anak-anak yang baru masuk sekolah, yang foto imutnya memenuhi timeline saya sepanjang hari senin.
Semoga kita bisa mewariskan hal baik kepada anak-anak itu.
Semoga ketika anak-anak itu mengingat kita sepuluh atau dua puluh tahun lagi, bukan mengingat kita yang melakukan (dan membela) kecurangan, tapi mereka membela kita sebagai penghalau (dan minimal pembenci) kecurangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s