Tulisan saya soal “peramal sakti” memancing banyak diskusi menarik.

Beredar bantahan bahwa ada ramalan di edisinews pada tanggal 5 Juli. Beberapa orang menyampaikan dengan baik bahwa ada beberapa metode menelusuri kapan sebuah posting diupload. Hal ini juga beredar di twitter dengan bahasa kasar.

Saya dengan keterbatasan pengetahuan soal IT mencoba menelusurinya.

1. Dengan menggunakan internet archive wayback di http://web.archive.org/. Konon kabarnya penelusuran menggunakan web ini menemukan bahwa perubahan dalam website untuk  http://edisinews.com/berita-prabowohatta-menang-pilpres-versi-pendukungnya.html dilakukan pada tanggal 10, 11 dan 12 Juli. Silahkan lihat screen shot dibawah.


Screenshot 2014-07-12 10.48.12

2. Dari salah satu pembaca blog saya menganjurkan masuk ke cache google, akan terlihat hasilnya tanggal 10 Juli.

Screenshot 2014-07-12 10.46.37

Nah, apakah betul posting dilakukan pertama kali pada tanggal itu?

Kita lihat ya dengan dua metode tadi:

1. Menurut http://web.archive.org/, sampai pagi ini telah ada perubahan 5 kali dari tanggal 10-12 Juli ini. Tapi apakah artinya upload pertama kali dilakukan pada tanggal 10 Juli. Silahkan scroll pada bagian bawah dan akan bisa dibaca:

Note

This calendar view maps the number of times http://edisinews.com/berita-prabowohatta-menang-pilpres-versi-pendukungnya.html was crawled by the Wayback Machine, not how many times the site was actually updated. More info in the FAQ.

Jadi perubahan2 yang terbaca di kalender ini menunjukkan berapa kali halaman tersebut ditelusuri oleh Wayback Machine, bukan jumlah aktual/sesungguhnya halaman atau situs tersebut dirubah. Kalau kita blogger yang pake fasilitas webmaster google pasti ngerti soal ini. Bahwa posting dalam blog atau situs tidak seketika dicrawled sama google, butuh beberapa waktu.

saya mencoba menelusuri posting di blog saya berjudul https://abdul-hamid.com/profil-abdul-hamid/ denganhttp://archive.org/web/. Hasilnya saya bandingkan dengan daftar perubahan (revisi) di post editor di dashboard WP. Beda bingits hasilnya.

Screenshot 2014-07-12 11.08.59

Silahkan bandingkan dengan WP editor saya untuk postingan profil abdul hamid tersebut

Screenshot 2014-07-12 11.10.29

 

Tertera saya melakukan upload (publish) pertama kali pada tanggal 19 Juni 2010 dengan perubahan sebanyak 25 kali (narsis yah gw) . Padahal http://archive.org/web/ menunjukkan “rekaman pertama” terhadap halaman tersebut pada 31 Agutus 2013 dan hanya ada 7 kali perubahan. Bahkan perubahan tanggal 4 Juli saja tidak terekam di http://archive.org/web/. Jika anda blogger, anda bisa melakukan uji coba yang sama.

Artinya wayback machine tidak menunjukkan kapan pertama kali sebuah postingan diupload dan isinya diubah, dia hanya menunjukkan berapa kali halaman tersebut ditelusuri oleh Wayback Machine.

2. Penelusuran dengan cache google di http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache%3Az2t1IDehRC4J%3Aedisinews.com%2Fberita-prabowohatta-menang-pilpres-versi-pendukungnya.html+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id, menunjukkan screen shots diatas.

Tapi coba dilihat lagi screenshoot-nya. Google memberikan catatan di bagian paling atas:

This is Google’s cache of http://edisinews.com/berita-prabowohatta-menang-pilpres-versi-pendukungnya.html. It is a snapshot of the page as it appeared on 10 Jul 2014 13:05:59 GMT. Thecurrent pagecould have changed in the meantime.Learn more

Ini adalah snapshot pada halaman tersebut pada tanggal 10 Juli 2014 pk. 13:05:59. Jadi Google melakukan penelusuran, melakukan snapshot dan mendokumentasikannya pada tanggal 10 Juli. Bukan berarti menunjukkan bahwa halaman tersebut diupload pada tanggal 10 Juli.

Nah, untuk menemukan cache tersebut kan kita mesti mengetik http://edisinews.com/berita-prabowohatta-menang-pilpres-versi-pendukungnya.html. di http://www.google.com, ini screenshotnya:

Screenshot 2014-07-12 10.30.58

Tertulis disana 7 days ago. Ini bisa menunjukkan dua hal, pertama kali halaman tersebut diupload (aktual) atau tanggal posting pada website (yang memang bisa diubah).

Bagi saya ini menarik, dan ada diskusi seru di facebook saya. Kawan yang melakukan penelusuran menemukan pemilik website edisinews bernama Mahmud, pernah bekerja di BNPTKI dan twitternya menunjukkan dia pendukung pasangan nomor 1.

Kita tunggu Mahmud bicara atau mungkin menghilang sama sekali ketika dukungannya pada sang capres menuai kontroversi.

Yang jelas saya terbuka jika ada informasi terbaru, bisa jadi ilmu baru buat saya. Saya bukan ahli IT dan hanya mengandalkan pengalaman sebagai blogger sejak tahun 2007. Masih newbie ;).

Termasuk jika Mahmud bicara dan menyampaikan bahwa dia upload tulisan tersebut setelah tanggal pelaksanaan Pilpres, maka akan ada tulisan “Peramal (Tidak) Sakti Mengaku Berbohong”.

Wallahua’lam bissawab.

 

Iklan

4 tanggapan untuk “Diskusi Soal “Peramal Sakti”

  1. mantep analisanya Pak, saya cm bisa senyum sambil geleng-geleng.
    Kita tunggu saja manuver apalagi yg akan dilemparkan dan disajikan mereka ke publik untuk terus mem-brain wash 🙂

    1. Saya melakukan update pada tulisan peramal sakti. Adanya twit pada tanggal 5 Juli menunjukkan bahwa “ramalan” tersebut ada. Dan tulisan pada artikel ini menjelaskan pengujian yang saya lakukan dan menunjukkan bahwa memang ada yang berbohong. Ya, analisis semacam yang saya lakukan ini mungkin menjengkelkan beberapa pihak yang ketahuan. Saya cuma berharap negeri ini ke depannya lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s