Malam ini saya menonton (tepatnya mendengar) debat dalam sakit. Maklumlah, mentang-mentang masuk bulan puasa, badan mendadak manja.

Ada beberapa catatan dalam debat semalam

1. Setelah minggu lalu kita disuguhkan debat yang amat baik antara Prabowo-Jokowi, malam tadi kita disuguhi debat kurang bemutu, bahkan juga moderator yang mirip MC. (mosok kurang dua detik diingatkan jeh)

2. Dalam debat semalam saya seperti melihat dua sosok: Hatta yang mirip Vicky Prasetyo dan JK yang bisa jadi ndak persiapan atau memang sudah lewat masanya.

3. Hatta seperti halnya Vicky, banyak mengeluarkan kata-kata ajaib yang sukar dimengerti seperti: terdifusi, invention, triple helix, dll

4. JK terlihat tidak tenang dan tidak mampu memanfaatkan posisi Hatta sebagai bagian dari pemerintahan SBY yang banyak masalah dalam aspek pendidikan.

5. Kalimat pembuka dan penutup, Hatta jelas unggul dalam retorika dan terlihat mempersiapkan diri. Dalam menyampaikan tuturannya ia cukup sistematis dan runtut tanpa terbebani bahwa ia bagian pemerintahan SBY. Latihan dengan Bima Arya, Tantowi Yahya dan Ridwan Kamil nampaknya amat berpengaruh. 

6. JK tampil berantakan, tidak terstruktur dan nampaknya kurang mempersiapkan diri. Padahal ada Anies Baswedan, Eep Saefullah Fatah dan Rhenald Kasali yang bisa diajak diskusi soal pendidikan.

7. Hatta cukup berhasil menyerang ego JK, misalnya soal ujian nasional, pendidikan gratis dan sertifikasi guru yang menurut Hatta, JK berubah sikap. 

8. Pertanyaan ini berhasil menjebak JK sehingga tidak bicara soal visi misi, tapi lebih banyak klarifikasi alasan-alasan pribadi di balik sikapnya. 

9. Hatta juga mencoba menjebak dengan pertanyaan soal 3 indeks dalam GCI. Hatta mungkin mengira JK tak hafal indeks-indeks tersebut. Namun di luar dugaan JK bisa menjawab dan sekaligus mengembalikan bola ke kubu Hatta dengan mempertanyakan kualitas infrastruktur. Namun sayang, JK tak pegang data, padahal jika saja mengutip satu atau dua data, ini bisa pukulan balik yang telak.

10. JK menyerang Hatta dengan bertanya tentang track record dalam aspek inovasi Hatta sebagai Menristek. Hatta menjawab ia menginisiasi UU Sisnas Litbang dan Penerapan Iptek, serta inovasi bibit unggul. JK menanggapi bahwa setelah 2009 beras malah kembali impor. Hatta menjawab dengan yakin bahwa impor beras hanya untuk komoditas yang dibutuhkan oleh orang asing di Indonesia (?)

11. JK juga bertanya soal mafia impor seperti mafia minyak dan daging. Hal yang dijawab Hatta dengan “impor minyak bukanlah kejahatan”. Hal yang sayangnya tak dielaborasi dalam tanggapan JK. Serangan JK yang lain soal “bocor” justru berhasil dipakai sebagai ajang klarifikasi oleh Hatta. JK dalam tanggapannya, gagal menunjukkan bahwa kebocoran ini adalah juga tanggung jawab Hatta sebagai bagian dalam pemerintahan. 

12. Hatta tampil meyakinkan dengan istilah2 canggih, padahal isinya sebenarnya berantakan.

13. JK tampil berantakan, tidak persiapan, padahal punya kesempatan banyak.

14. Tapi sebagai orang di dunia pendidikan, kedua cawapres nampaknya masih belum membedah persoalan di dunia pendidikan kita secara lebih dalam, sehingga solusi yang ditawarkan juga ala kadarnya. (Mereka berdua memang mustinya mbahas ekonomi) Tak ada yang membahas  sekolah rubuh, akses jembatan ke sekolah yang runtuh sehingga anak2 bergelayutan di kawat, kuliah yang makin mahal, dan sebagainya.

15. Oh ya, lagi-lagi omongan soal dunia pendidikan tinggi cuma basa-basi. 

16. Terakhir, debat itu penting tentu saja, tapi melihat para calon pemimpin musti dikombinasi dengan melihat apa yang sudah mereka lakukan.

Selamat berpuasa dan sholat istikhoroh.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Catatan untuk Debat Keempat

  1. mantaap,,, ceuk urang pandeglang mah eta moderator “geumpeur” ningali ulah Cawapres JK giliran menanggapi malah bertanya kembali, sampai moderator terlihat lupa dengan susunan debat dan langsung ke babak akhir closing statement . padahal masih ada babak tanya jawab,,,heheee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s