Refleksi dan Proyeksi

Setiap akhir atau awal tahun, aku terbiasa membuat refleksi dan proyeksi. Ini merupakan bagian dari pemenuhan komitmen “hidup lebih baik setiap harinya” yang menjadi motto hidupku.
Tak semua rencana tercapai, tapi tak semua gagal. Rencana yang bertumpu pada pihak lain biasanya sulit dipastikan berhasil. Tapi ada rencana dan tentunya aksi yang keberhasilannya tergantung diri kita sendiri. Di sisi ini aku biasanya bertarung habis-habisan.
Baiklah, apa saja yang terjadi di 2013?
1. Studi alhamdulillah lancar, aku insyaAllah memenuhi persyaratan candidacy sebagai calon doktor. Tahun ini melakukan presentasi di 3 konferensi internasional, menerbitkan satu paper dalam jurnal dan dua lagi dalam proses editing, semoga bisa terbit tahun ini. Pencarian data berlangsung baik dan lancar, berkat bantuan banyak pihak. Oh ya, aku juga sudah dua semester membantu Sensei menjadi TA (Teaching Assistant), bermanfaat sekali sebagai pengalaman dan tambahan biaya hidup. Kegagalan sementara ini dalam skill bahasa Jepang, ndak ada progress blass.
2. Dalam soal karir, alhamdulillah berkat bantuan banyak pihak SK Lektor Kepala keluar juga, disusul dengan SK 3C. Tinggal satu anak tangga curam untuk sampai ke jenjang guru besar.
3. Dalam soal keluarga, alhamdulillah semua baik2 saja. Adaptasi mereka dalam kehidupan di Kyoto berlangsung amat baik. Istriku mampu berbahas Jepun dengan cukup, walaupun belum selancar Ayu dan sefasih Ilham. Hanya perlu lebih hati-hati saja agar bencana kebakaran tidak berulang. Oh ya, rumah karawaci juga selesai dibangun dan atas bantuan Dimas dan De Onah sudah selesai ditembok belakang. Semoga segera ada yang mengontrak. Oh ya, unit apartemen kalibata mendapat pengontrak baru dengan segera, syukurlah. Kesulitan keuangan masih terjadi karena selalu terlambatnya pengiriman beasiswa, semoga pengelolaannya semakin baik.
4. Dari sisi kebugaran, masih belum cukup. Program lari belum berjalan baik, masih sering males-malesan. Sempat juga bergantian sakit, aku malah sampai ke klinik, duh.

Hmm bagaimana dengan proyeksi 2014?
1. Dalam sisi studi, tahun ini akan menjadi tahun terberat. Aku harus fokus menulis manuskrip disertasi karena akhir tahun ini akan aku serahkan ke Sensei. Tak boleh lagi terlalu banyak bersantai atau bermain. November tahun ini mesti setor 80%, kemudian diikuti Preliminary Examination, revisi naskah dan tahun depan sidang tertutup. fiuh. selingannya adalah melakukan field research bulan februari-april, menulis beberapa naskah buku dan juga satu paper untuk Jurnal Global Studies Doshisha. Oh ya, semoga TA juga tetap jalan karena amat membantu secara keuangan.
2. Untuk karir ya, mengalir terarah saja, hal yg bisa dilakukan menghela karir ya menyelesaikan doktor dan mempersiapkan naskah2 paper dan buku.
3. Pengen beli tanah yang agak luas buat bikin kebon yang ada rumah pohonnya di serang πŸ™‚
4. Semoga tahun ini bisa banyak olahraga, terutama lari. Targetnya bisa lari 10km, split dan sixpack. Menuju Kyoto Marathon 2015 dan Wanadri 2016 πŸ™‚

>e

Iklan

One comment

  1. semoga Alloh swt mengabulkan proyeksinya abah Hamid, tidak ada yg sukar bagi Alloh swt, semoga abah Hamid diberi kemampuan untuk mencapainya, ..Go head GBU Kang Bro !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s