Sumpah, ini bukan pengalaman pribadi.

Sekalipun saya belum pernah melahirkan di Jepun atau di kota manapun. Ini cerita dari seorang kawan yang istrinya melahirkan di Kyoto, Jepun.

Melahirkan di rumah sakit manapun, dengan kartu asuransi yang dimiliki, kita akan dilayani dengan baik. Kawan saya tak dikenakan biaya apapun selama sekitar lima hari di rumah sakit. Hanya saja ada beberapa pelayanan tambahan berbayar yang ia minta sehingga ketika pulang dikenakan biaya sekitar 50.000 yen.

Nah tiga bulan kemdudian datang tagihan sebesar 78.000 yen yang mesti dibayar. Kapan membayarnya feksibel, bahkan menurut beliau masih bisa minta keringanan lagi sebesar 70% berupa reimburse dari biaya tersebut.

Yang menyenangkan adalah sebulan kemudian, sahabat saya tersebut mendapat transfer sebesar 420.000 yen dari pemerintah Kyoto. Rejeki bayi, banyak anak banyak rejeki.

Nah rejeki anak belum berhenti, setiap bulan kaum miskin yang pendapatannya dibawah kemampuan bayar pajak seperti kami para mahasiswa mendapatkan kodomo teate, sekitar 10.000 yen setiap anak.

Mari bikin anak πŸ˜‰

Catatan: 1 yen sekitar 120 rupiah, silahkan hitung sendiri ya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s