Blog ini, jika membahas dunia perdosenan memang mendadak serius. Maklum, ini dunia pekerjaan saya sendiri, gak mungkin maen-maen. Benang merah dari tulisan-tulisan tersebut sebetulnya lebih ke membangun perspektif benar (menurut pendapat dan pengalaman penulis) tentang karir dosen. Maklum di dunia nyata, banyak dosen puinter yang karirnya macet karena merasa ribet dengan berbagai aturan administratif. Di sisi yang lain ada dosen yang biasa saja tapi karirnya lebih lancar. Di berbagai tulisan disini saya berkeyakinan bahwa berkarir sebagai dosen tergantung dari produktivitas (ngajar, meneliti, publikasi) dan ketelatenan mendokumentasikan berbagai kegiatan produktif tersebut.

Artinya jika dosen yang produktif: rajin ngajar, penelitiannya banyak, publikasinya ada di jurnal akreditasi dan internasional terus semua buktinya dikumpulkan secara rapi–> maka karirnya sudah pasti akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang biasa-biasa saja walaupun lebih rajin.

Kemarin dalam video streaming Pemilihan Dekan psikologi UI misalnya, Prof. Hamdi Muluk — salah satu kandidat — menyampaikan bahwa dari sejak diangkat jadi PNS sampai jadi Guru Besar, ia hanya membutuhkan 9 tahun saja. Nggak mungkin?

Mungkin banget ah…

jika anda seperti Prof. Hamdi: punya tulisan banyak di jurnal akreditasi dan internasional, banyak mengisi seminar internasional (dia bilang setahun setidaknya dua kali), trus ngajar juga rajin– maka ada keistimewaan yang bisa didapatkan seperti lompat satu Jafung atau bisa mengajukan Jafung sebelum waktunya (aturan lama 3 tahun).

Kalau sudah begitu masak masih nggak sejahtera dan banyak mengeluh kesana-kemari? Nggak kan?

Kebanyakan kita kan berlindung seakan-akan aturan yang zalim, atau atasan yang zalim, tim reviewer yang zalim sebagai cover atas ketidakmampuan atau kemalasan diri kita sendiri kan? (#maaafsadis ya?)

Oh ya, tulisan-tulisan keras semacam ini wabilkhusus memang buat saya juga yang masih belajar menjadi Dosen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s