Banten Hamil Tua?

Ada perubahan politik di Banten.

Beberapa hari lalu KPK menangkap beberapa orang, termasuk TCW, adik Gubernur Banten. Kemarin Gubernur juga dicekal oleh KPK dan tidak menutup kemungkinan menjadi tersangka.
Saya yakin ini peristiwa yang bukan kebetulan, tapi direncanakan oleh KPK. Peristiwa ini TKP-nya di Jakarta, cukup berjarak dari Serang sehingga awak KPK memiliki resiko kecil dihajar jawara. Nyonya TCW, walikota Tangsel sedang mengikuti pelatihan di Harvard, sehingga KPK juga leluasa mengambil barang bukti. Mereka yang selama ini melindungi keluarga ini sehingga bisa begitu merajalela juga sedang sibuk KTT APEC di Bali.
Jadilah kemudian (semoga ini benar) kasus suap ke AM hanyalah pintu masuk ke kasus-kasus besar di Banten. Selama ini keluarga ini tak tersentuh, padahal (atau malah karena?) ada orang banten di pucuk pimpinan lembaga anti rasuah. Polda dan Kejati juga nyaris tak pernah bisa menyentuh. Kasus terbaru adalah korupsi sedotan Cibinuangeun yang melibatkan adik tiri Gubernur LK dengan kerugian 19M.
Saya tak mau bicara soal kasus hukumnya, walaupun itu pemicu untuk soal berikutnya: perubahan sosial dan politik di banten.
Saya pikir kita musti belajar dari Kutai Kertanegara. Syaukani dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi, namun anaknya -Rita, terpilih menjadi Bupati dalam Pilkada. Apa artinya?
Pertama, masyarakat menganggap korupsi adalah hal biasa. Korupsi bukan hal yang salah, aib atau berdosa. Koruptor bisa jadi adalah pahlawan bernasib sial. Saya pikir ini bisa terjadi di banten di tengah masyarakat bahkan tokoh semacam Kiai yang pragmatis. Dalam soal Kiai saya sendiri punya pengalaman yang seru πŸ˜‰
Kedua, tidak ada lawan yang cukup kuat. Ini yang selama ini terjadi di banten. tak ada barisan yang solid dan membawa agenda perubahan. Saya pernah menjelaskan ramalan ke kawan2 PKS bahwa suara Wahidin+Jazuli bisa mengalahkan suara Atut dan majunya mereka hanyalah pemecah suara. Dan itu betul terjadi.
Semoga perubahan bisa betul-betul terjadi ya, biar jalan bisa bagus dan anak-anak bisa sekolah dengan tenang.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s