Pilih-pilih Layanan Internet di Jepun

Ini topik penting untuk mereka yang akan menetap di Jepun untuk waktu cukup lama. Internet merupakan sarana mendasar untuk berhubungan dengan dunia luar, terutama kampung halaman.
Nah ketika tahun lalu  sampai Jepun aku juga langsung mencari provider internet yang bisa cepat dipakai karena kebutuhan mempersiapkan kedatangan keluarga dari Indonesia.

Waktu itu saya memilih layanan wifi pocket 4G dari softbank. Baca disini 

Dalam sebulan saja aku meyadari bahwa ini adalah salah satu kesalahan terbesarku. Layanannya bermasalah: kualitas jaringannya tidak stabil, sering switch dari 4G ke 3G dan kalau sudah begini tak bisa connect ke internet. Kemudian kuota hanya 5GB, sehingga hampir tiap bulan mengalami kehabisan kuota di minggu kedua.

Menyedihkan sekali, punya layanan internet, bayar setiap bulan 3.880 yen tapi bahkan tak bisa menikmati. Penggunaan dibatasi untuk tidak sering2 download, menggunakan skype apalagi menonton youtube. Padahal ada beberapa gadget nirkabel di rumah seperti Ipad yang mengandalkan jaringan wifi.

Pada saat-saat genting seringkali jaringan intenet bemasalah, padahal sedang perlu banget, seperti mengirim email ke Sensei yang tak bisa ditunda.

Akhirnya bulan lalu diambil keputusan mengakhiri penderitaan ini.  Resikonya berat karena harus membayar denda karena terjebak kontrak dua tahun. Akhirnya aku musti membayar denda cukup besar, 9.975 yen untuk putus kontrak sepihak dan denda sebesar 22.000 yen untuk denda bulanan karena pemakaian belum dua tahun. Habislah uang 32.000 yen untuk membayar denda saja, sakiiiiiiit banget 😦

Lantasku memutuskan mencari jaringan kabel dan kemudian dipakaikan router untuk membuat hotspot. Awalnya diarahkan mendaftar EO, namun akhirnya menggunakan NTT OCN karena jaringan di Apato sudah siap, bekas pengguna sebelumnya. Nah untunglah NTT melalui Kojima Shop tempat aku mendaftar punya program promo menarik, cashback uang cash 20.000 yen, lumayan. Nah sebetulnya ada promo lain yang lebih oke yaitu membeli Komputer (PC, Notebook, tablet) bersamaan dengan pasang internet dapat 55.000 yen. Sayangnya staf toko yang melayani kami tak menjelaskan program promo tersebut. Jadilah cukup dapat cashback 20.000 yen saja. Lumayan.

Nah, kualitas internetnya diatas kertas 1GBPS, jadi cepat sekali. Ya, di rumah ada dua komputer, satu Ipad, lima smartphone yang tersambung ke wifi (pasang router sendiri) dan ketika ditest semua dapat menonton youtube secara bersamaan tanpa lag 🙂 luar biasa bukan? Mantap untuk layanan seharga sekitar 5000 yen/bulan.

Oh ya, karena sebal ke Softbank, jadilah aku memutuskan hengkang dari semua layanannya. Maka, aku juga berhenti jadi pelanggan layanan Iphone dari softbank, pindah ke docomo. Bayar denda? tentu saja, ada dua iphone yang mesti dibayar dendanya; iphone pertama hanya bayar  9.975 yen untuk pemutusan kontrak saja, karena handsetnya sudah dibayar di awal dan iphone kedua mesti bayar  9.975 yen ditambah pelunasan handset 1920  yenX 16 bulan = 30.720 yen. Jadi total bayar sekitar 50.000 yen 😦

Tapi tak apa-apa karena di Docomo ada program cashback untuk pelanggan baru yang pindah dari operator lain mendapatkan cashback 40.000 yen dan langsung dapat samsung galaxy S4. Karena dua HP, maka dapat 80.000 yen. 🙂

Nah, syaratnya mesti berlangganan 2 tahun dan menggunakan paket internet. Jadilah aku mengambil paket internet light, karena di rumah dan kampus sudah ada wifi yang betul-betul unlimited 🙂 Jadi setiap bulan bayar sekitar 6000 yen, tidak beda jauh dengan sewaktu pakai iphone di softbank.

Apa moral story-nya?

Yups, perhatikan betul ketika mencari paket internet di Jepun, karena rasanya semua standarnya memakai kontrak 2 tahun. Terjebak dan mesti membayar denda tuh rasanya sakit banget. Sudah banyak yang terjebak, termasuk kakak-ku yang juga mesti bayar denda cukup besar.  Kalau iphone masih bisa diunlock dan dipakai di Indonesia, tapi handset wifi portable? nambah-nambah sampah elektronik saja.

Oh ya, pocket wifi yang katanya betul-betul unlimited hanya wimax saja. kalau yang lain — termasuk dari softbank — limited 5GB dan kalau mau tambah bayar sekitar 2.625 yen untuk tambah kuota 2 GB lagi, nggak banget deh.

Oh ya, rajin-rajin juga mengecek program campaign/promosi dan jangan ragu bertanya. Rata-rata staf toko memang tak bisa berbahasa Inggris, tapi mereka akan berusaha menjelaskan semampunya, termasuk menghubungkan dengan layanan costumer service berbahasa Inggris.

Iklan

13 comments

  1. Saya jg mau migrasi dari Softbank. Mau ngejar program campaign. hehehe.
    Btw, kalo nelpon & sms sesama docomo pada jam tertentu gratis ga ? kayak softbank

  2. Mau tanya saya juga pakai softbank. Nah salahnya sya lngganan pkt intrnt sms & nlp. Tp intrnetnya jarang d pake jdi mubajir slnya jrgannya 3g d aichi. Aga lambat. Nah kalau mau membrhntikat paket internet nya saja itu bayar ga ya. Jd pindah paket ke paket biasa yg nlp & sms saja.
    Onegaishimasu.

    • Wah saya ndak paham. Kalau di Jepun setahu saya iphone dipakai operator softbank, AU, dan NTT (baru saja). Nah kalau sudah diunlock bisa dipakai di pakai di operator manapun. Hanya kalau software unlock (misal pake kartu GPP, gevey, dll), mesti ada pengaturan AAPN biar bisa akses internet.

  3. Kalo mau pasang near cable, prosrdurnya gmna gan ? Bingung nih kalo terus mengandalkan koneksi hp yg perbulannya bayar 7rb en. Meiwaku kakemasuga, sumimasen

  4. kalau untuk tinggal 6 bulan lebih baik membeli “simcard” atau wifi ya?
    habis untuk membeli handphone sendiri harus kontrak 2 tahun 😦

  5. Pa mau minta saran nih kebetulan saya baru tiba dijepang dan akan kerja disini selama 9 Bulan., kira kira yg paling recomended menurut bapak apa ya untuk masalah internet?? Makasih sebelumnya pa abah hamid.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s