Perjalanan, Masih Panjang

Ketika Zemi beberapa hari lalu agak GR juga dipuji Sensei.

“Pak Hamid masih D1, tapi sudah presentasi 3 kali, sudah memenuhi kualifikasi Doktor…”

He he, bener juga ya, di Kyoto sudah baru 9 bulan, namun alhamdulillah walaupun males-malesan ada beberapa paper yang ditulis dan dipublish. Sebetulnya presentasi di seminar internasional baru dua kali, di LIPI dan di Mokpo, Korea. Prsentasi ketiga baru akan dilakukan di Macau nanti tanggal 24 Juni di acara ICAS.

Sementara publikasi paper di journal baru (akan) satu di Moussons edisi 21 yang akan terbit beberapa waktu ini.

Kabarnya paper di Korea akan diupayakan terbit di Journal CSEAS atau KASEAS, sementara paper di Jakarta/ Macau akan terbit di Giga Hamburg.

Untuk dapat kualifikasi Ph.D candidate, setidaknya memang musti punya dua jurnal dan dua presentasi. jadi memang belum kualifikasi sebetulnya, karena masih harus publish di jurnal. tahun depan sih insyaAllah akan publish satu tulisan di Jurnal Kampus, Global Studies.

Setelah beres presentasi di macau, nampaknya akan membaca banyak bahan yang dibawa dari manado/Tomohon dan mulai serius memahami politik di Sulawesi Utara, sebagai bahan sebelum turun lapangan di semester depan.

Alhamdulillah, disertasi juga mulai menampakkan wujud yang lebih jelas, walaupun masih di kepala, he he. Minggu depan giliran presentasi di Zemi, nampaknya akan bicara gambaran disertasi-nya deh, gambar besar-nya. Semoga dapat banyak masukan dari Sensei dan kawan-kawan.

perjalanan masih panjaaaaaaaaang πŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s