Ekspektasi Berlebih pada Jokowi

Sebuah berita mengalir di timeline facebook,

Dera, bayi yang sakit pernapasan ditolak 5 RS di Jakarta

http://id.berita.yahoo.com/dera-bayi-yang-sakit-pernapasan-ditolak-5-rs-074544768.html.

Seorang kawan di facebook langsung berkomentar menyalahkan Jokowi dan program kartu jakarta sehat-nya. Komentar kawan tersebut tidak salah  dan memang menunjukkan bahwa program kartu sehat di Jakarta berlum berjalan dengan baik di level teknis. Namun ini juga menunjukkan ada selapis masyarakat yang amat was terhadap apapun yang dilakukan dan tidak dilakukan Jokowi.

Tantangan terbesar Jokowi memang merubah mental birokrasi yang terlalu lama merasa menjadi kelas elit di masyarakat. Selama puluhan tahun birokrasi di Jakarta menikmati  gaji tinggi dan juga pendapatan-pendapatan tidak sah dari pungli di berbagai tingkat. Seorang kawan bercerita bahwa orang tua-nya termasuk menikmati bagi hasil dari loket pembuatan KTP yang jumlahnya bisa lebih dari sekali gaji.

Rumah sakit pemerintah-pun menurut seorang kawan membisniskan layanannya. Ada kabar burung mengatakan kalau kamar disebut penuh itu sebetulnya belum tentu penuh. Tergantung dari negosiasi dengan administrasi. Wallahua’lam bissawab tentunya.

Persoalan termutakhir bagaimana pengelola rusun menghalangi proses relokasi warga korban banjir dengan menghilang berhari-hari dari kantornya ketika warga membutuhkan layanan pendaftaran. Tersiar juga kabar pungutan liar dan berbagai perilaku mem-ersulit lain dari pelaksana.

Inilah gap yang mesti dihadapi Jokowi. Karena itu  mutasi 20 pejabat di berbagai level di pemerintahan Jakarta mesti dilihat sebagai “memaksa” birokrasi bekerja keras, berprestasi dan melayani masyarakat. Karena jika tidak ekspektasi berlebihan bisa berakhir dengan kekecewaan karena pelaksana tak mampu dan tak mau mengikuti irama kerja Jokowi.

Iklan

One comment

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts.
    After all I will be subscribing to your feed and I hope you
    write again very soon!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s