ASHURA

Pernah membaca komik Ashura alias Shura no mon?

Bagi penggemar bela diri, ini komik jepang yang terkategori “kudu” dibaca. Komik ini karya Masatoshi kawahara yang berisi perjalanan anak muda bernama Paddy yang mewarisi seni bela diri aliran enmei. Ceritanya puanjang sekali dari pertarungannya di Jepang, mengalahkan berbagai aliran mainstream di jepang sampai menjadi juara tinju dunia (ada don king segala) dan menjuarai Vale Tudo di Brazil. Buat penggemar bela diri pasti paham bahwa Vale Tudo adalah salah satu ajang paling bergengsi bagi berbagai aliran bela diri.

Komik ini nampaknya sebagai protes atau perlawanan karena di dunia nyata, toh tak ada petinju Jepang yang sampai menjadi juara tinju dunia kelas berat (CMIIW). Atau di episode-episode akhir bagaimana Paddy bisa mengalahkan Gracielo Juijutsu seakan-akan menuntaskan dendam ketika di dunia nyata jawara-jawara Juijutsu Jepang dikalahkan Brazilian Juijutsu di dunia nyata. Pasti ada yang ingat bagaimana Royce Gracie yang kurus mengalahkan jagoan-jagoan bela diri lain di UFC episode1 di dunia nyata.

Saya inget, waktu SMU biasa membaca komik ini sampai tamat dan berulang-ulang di penyewaan komik, toko buku Banten Membangun di Royal, Serang lantai 2. Biasanya berjam-jam lamanya, gratisan soalnya —  sambil nunggu ashar sebelum pulang ke pondok. Di pojok ada dua kawan juga yang sering ketemu, lagi pacaran, he he.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s