Reputasi Akademik

Didasarkan atas apakah reputasi seseorang dalam ilmu atau kajian tertentu? Gelar, ijazah, atau seringnya jadi artis di media?

……………….

beberapa bulan lalu saya sewot bukan kepalang membaca tulisan seorang kawan di dua (DUA) buah jurnal. isinya sih biasa saja, namun saya merasa kok akrab sekali dengan beberapa paragraf dalam tulisan tersebut, akrab sekali, seperti kalimat yang saya buat, namun tak ada citation yang mengarah ke karya-karya saya. tak hanya itu, ada juga kalimat yang juga mirip dengan apa yang ada di buku karya kawan saya yang lain (yang kebetulan turun lapangan bareng), yang juga tak ada citation mengarah ke buku kawan saya itu.

hmm, saya memang tak melabrak si penulis, cukup buat saya memiliki catatan tentang hancurnya reputasi dia di mata saya, padahal orang ini menurut saya sudah banyak karyanya dan cukup pintar tanpa perlu mencuri karya orang lain.

Catatan lain, berarti ada pengakuan terhadap karya-karya saya sehingga layak dicuri.

………….

Hari senin beberapa hari lalu, ada email masuk ketika saya sedang ada di Sawarna, Bayah. Isinya, seseorang yang mengaku dari kedubes amerika menyampaikan bahwa dubes amerika mengajak saya bertemu. gilanya, bahasa dia meminta waktu saya bertemu di minggu pertama januari.

hmm saya yakin ini spam, gak pernah ada urusan dengan amerika. kalaupun ada lebih karena bebrapa transaksi finansial ke luar negeri yang terhambat gara2 nama saya (abdul hamid) tercantum sebagai anggota al qaida.

awalnya ta cuekin. namun karena penasaran dan saran dari seorang kawan saya telpon juga kedutaan amerika. nah lo, malah ngobrol langsung sama orangnya, dan intinya sama, dubes minta ketemu. hmm, jadilah dijadwalkan hari jumat.

jumat, jadilah kita ngobrol enam mata, plus dua mata penerjemah. intinya mereka membaca tulisan saya di toko buku dan tertarik ketemu dengan penulisnya, membicarakan soal politik lokal banten. wah…

……………

Beberapa hari lalu, seorang kawan mengajak saya dan kawan yang lain, untuk sesekali bareng mengikuti seminar internasional. he he he, saya jawab “senang sekali kalau diajak, bisa menambah wawasan saya”. saya menjawab sambil cengengesan. dalam hati “gubrak, gw baru pulang keliling eropa kali….”

…………………….

tapi sudahlah, anda mengerti maksud tulisan saya?

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s