Aku selalu terlambat menulis refleksi. Refleksi berkembang di kepala, mengambang di udara dan pelan-pelan menguap.

nah sebelum menguap aku tuliskan dulu disini

1. Dua kali ke luar negeri, Mei ke Bangkok jadi peneliti untuk “Local Politics in Capital City in Southeast Asia” bersama kawan-kawan dari Jepang, dan pada bulan November ke Marseille untuk jadi pembicara di Colloqium Etika Enterpreneurship disana, sekalian mampir ke Paris, Jerman dan tentu saja Belanda. Hmm secara umum, sejak 2010 aku ke luar negeri rata-rata sebanyak dua kali setahun. harusnya lebih sering lagi ya?

2. Puasa gadget di tahun 2011 batal, karena pindah mazhab ke Mac os dengan Macbook Pro yang dibeli di Bangkok (lumayan tax refund-nya),mengganti Acer yang tiba2 meninggal. HP belon ada rejeki buat ganti…

3. Ayu masuk SD, Ibun masuk Tilburg Uni, Ilham tetap di PAUD.

4. Aku sendiri akhirnya diterima resmi di Doshisa University, setelah melalui proses aplikasi resmi. Kyoto University dan Tsukuba sementara dilupakan karena meminta kehadiran di Jepang langsung untuk mengikuti seleksi. UWA dan Murdoch belum diterima resmi karena skor IELTS masih kurang. Calon supervisor di Tsukuba dan Murdoch padahal sudah ketemu, oh ya tahun ini juga sempet ikut Workshop soal Etika riset bareng Australia Netherland Research Collaboration diajak sama Ian Wilson.

5. Beberapa tulisan di jurnal terbit, JIANA UNRI (terakreditasi) dan Politika Undip. Ikut simposium di  Yogya, trus jadi Wakil Sekjen ASIAn (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara). Memastikan langkah ke lektor kepala di tahun 2012, semoga tercapai.

6. Tahun ini tak banyak nongol di media, sengaja membatasi diri, mempersilahkan kawan yang lain dan memilih menjalani jalan sunyi sebagai ilmuwan yang agak serius 🙂

7. Beli satu rumah lagi, membangun rumah jelek, lumayan-lah sudah lebih layak dan hijau.

 

……….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s