Pemilihan Dekan FISIP Untirta yang Membanggakan

Alhamdulillah, tunai sudah kewajiban saya, memilih calon dekan FISIP Untirta periode 2011-2015. Hasilnya Drs. Hasuri, MSi mendapat 0 suara, Prof. Dr. Ahmad Sihabudin, M.Si 5 suara dan Dr. Agus Sjafari 7 suara.

Saya cukup bangga dengan pemilihan dekan di FISIP Untirta karena prosesnya betul-betul berkualitas. Keterlibatan saya sendiri dimulai ketika rapat dosen Prodi Adm. Negara mengadakan rapat memilih anggota Senat Fakultas sekitar dua minggu lalu. Pemilihan anggota senat juga amat berkualitas, dimana dosen prodi yang eligible mendapatkan hak yang sama untuk dipilih. Rupanya kawan-kawan mengamanatkan posisi sebagai anggota Senat FISIP ke saya.

Proses berlanjut, para calon mendaftar, berbagai aspirasi juga masuk dan terjaring. Tak formal, tapi berupa obrol-obrol berupa makan bareng atau sambil kongkow di ruang dosen. Hasilnya, kawan-kawan dosen meminta saya memilih berdasarkan evaluasi kinerja dan kebutuhan pengembangan institusi bukan sekedar kepentingan orang-perorang.

Tanggal 5 Desember lalu, dilangsungkan penyampaian visi-misi dan dilanjutkan dengan pemilihan oleh anggota senat. Penyampaian visi misi berlangsung lancar, padat berisi dan gayeng. Semua kandidat menunjukkan kelebihan dan kekurangannya dihadapan dosen, karyawan dan mahasiswa FISIP Untirta. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul juga menguji jejak rekam dan responsivitas calon dekan menghadapi berbagai persoalan di FISIP.

Yang amat menarik adalah ketika dosen-dosen mengajukan kontrak politik berupa serangkaian komitmen yang harus dijalankan oleh calon dekan ketika terpilih. Semua calon dekan menandatangani kontrak tersebut diatas materai  dengan bersemangat.

Hasil pemilihan bisa dilihat di awal tulisan ini. Semoga proses yang berkualitas juga menghasilkan Dekan berkualitas 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s