7 November

Setengah tujuh pagi kami sudah berkemas untuk menuju universitas yang ternyata ada di kota Aix. Aku akan menginap di hotel yang disiapkan panitia selama dua malam, sementara Gabriel dan jean Marc akan menginap di hotel lain yang lebih murah di kawasan pedesaan di kaki gunung.

Hari Nampak cerah dan taka da hujan dan banjir di perjalanan. Hari ini aku dan Gabriel punya tugas dari Jean Marc untuk masuk kelas-nya dan menjelaskan topic penelitian kami bersama para mahasiswa S2. Menantang juga.

Presentasi dan diskusi berjalan baik, lebih lancar dari dugaan kami. Para peserta Nampak memahami dan tak henti bertanya soal topic yng saya tampilkan. Jean marc menjelaskan bahwa penjelasan kami membantu persiapan mahasiswa-nya untuk melakukan field-work tahun depan ke berbagai Negara.

Alhamdulillah, Jean-marc nampaknya puas dengan presentasiku. Ia banyak mengajak diskusi soal politik lokal banten, apalagi gabriel juga melakukan penelitian di Banten untuk disertasi-nya. Sambil makan siang aku bertemu dengan beberapa pemakalah pada simposium besok. beragam tema rupanya yang akan muncul, mulai dari gereja pantekosta di Swedia, Islam di mali, CSR di Thailand sampai Klub Baseball di taiwan. semua diteropong dengan sudut pandang etika enterpreneurship.

Seharian kami menghabiskan waktu di ruang kerja Jean-Marc dan malamnya mereka mengantarku ke hotel La Manoir yang disediakan untuk pembicara dari luar negeri. Hotelnya terletak di pusat kota Aix de Provence, agak sulit mencarinya, walaupun akhirnya ketemu juga. Hotelnya klasik, tak ada AC (karena dingin banget) dan internet hanya ada di lobby, gratis untuk pemakaian satu jam saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s