Manfaat “Negative Campaign” dan “Black Campaign”

Seorang wartawan menghubungiku;

“Black Campaign sudah marak. Mnrt bpk, apakah perilaku itu dpt membuat pemilih pesimistis dn mengurangi partisipasi rakyat?”

saya jawab

” Black campaign dan negative campaign positif (baca: bermanfaat) untuk mendorong rakyat mencari info sebanyak-banyaknya tentang kandidat sebelum memilih”

Ia bertanya lagi

“Tp kadangkala black campaign malah membuat panas di tgkt bawah terutm para pendukung cln, bgm mnrt bapak”

(hmm maksa banget nih)

Saya jawab lagi

” Panas gpp lah, masak pemilukada adem ayem. Black Campaign dan negative campaign menyeimbangkan positive campaign yang cenderung menyajikan kelebihan kandidat secara berlebihan dan tak proporsional”

………………

Pembaca, mestinya memang didefiniskan dulu bedanya black campaign itu binatang macam apa. khawatir disama-ratakan, maka saya pake kedua istilah itu, black campaign dan negative campaign. Sepembacaan saya, sepanjang ada sumber yang bisa dikonfirmasi (dalam kasus banten ada laporan ICW soal dana hibah yang tentu ada argimentasinya) maka itu bukan black campaign, tapi negative campaign.

Tapi jika ada sms dari nomor yang misterius (ditelp yang jawab veronica atau salah sambung) soal kejelekan kandidat tertentu, atau pola lain yang sumber info-nya gak jelas, maka itu baru black campaign.

Jadi please, musti tertib make konsep.

Dalam konteks politik di Indonesia dimana kampanye (positif) dilakukan dengan mengeksplorasi kelebihan calon dengan tak proporsional, narsis, berlebihan dan tak menggunakan argumentasi memadai, maka negative campaign, bahkan black campaign berguna. dengan argumentasi yang saya sampaikan ke om wartawan diatas tentunya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s