Rencana Ke Marseille

Beberapa minggu ini berlangsung amat ruwet. pasalnya beberapa urusan berjalan secara bersamaan dan deadline-nya juga bersamaan. Satu urusan terpenting adalah memenuhi undangan sebagai salah satu pembicara di international conference on “Ethics and Entrepreneurship” yang akan dilaksanakan di University of Provence.

Makalah yang saya bawakan nanti tentang Etos Bisnis Jawara, judulnya ” Jawara, Politics and Business in Banten: Chasan and Embay: Two Sides in One Coin”. Ha ha ha, lagi-lagi jawara. yups, kali ini aspek politiknya tak terlalu banyak, pengennya menggali aspek bisnisnya. Tulisan ini kalau layak akan terbit di jurnal Moussons. Rencana berada disana tanggal 5-18 November ini.

Hmm soal paper tentu saja ada kesulitan tersendiri, sulit banget lah buat saya mah. baru draft pertama yang dikirim dan sudah harus diedit dan ditambah cukup banyak.

Namun penulisan terinterupsi persoalan lain, yaitu visa. maklum baru pertama bikin visa ke Eropa, jadi masih banyak meraba-raba.

Beda dengan ke Jepang ato beberapa negara asia lain, peryaratannya ruwet. musti ngurus slip gaji, bank statement, asuransi perjalanan, terjemahan kartu keluarga, keterangan dari tempat kerja, sampe keterangan rumah Gabriel (hostku disana) dari walikota di perancis sono.

nah hari ini ada kesalahan pula di surat undangan, ditulis Professor Abdul Hamid, Universitas Jakarta, Republic of Indonesia. sekarang sedang minta diperbaiki, semoga selesai sebelum besok.

Pasalnya, besok pagi jam 9 aku mesti menyerahkan berkas ke Kedutaan.

duh, semoga urusan ini cepat kelar biar mood menulisku balik dan menulis paper dengan baik, biar gak malu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s