Persoalan Utama Pendidikan Kita

Apa yang menjadi persoalan utama dalam pendidikan kita? saya memilih defisit kejujuran sebagai penyebabnya. Ya, ketidakjujuran dalam berbagai aspek telah menjadi ruh dalam dunia pendidikan kita. Tengok saja, pelaksanaan UN di berbagai daerah di Indonesia, menjadi parade “menghalalkan segala cara” agar peserta bisa lulus sebanyak-banyaknya. Jika di awal-awal pelaksanaannya banyak ditengarai adanya tim sukses yang membantu siswa, maka di tahun ini model kecurangan lebih terletak dalam upaya sekolah mendongkrak nilai anak didik, karena kelulusan ditentukan oleh nilai dari sekolah dan nilai dari UN. Upaya membangun standar pendidikan menjadi bualan belaka.

Sertifikasi guru juga menyuburkan ketidakjujuran di sebagian pendidik. Demi status guru bersertifikat yang juga berarti bertambahnya pendapatan satu kali gaji, maka banyak cara dilakukan untuk mengakali proses pemberkasan. hal yang paling lazim adalah membuat data fiktif, terutama menjadi peserta seminar fiktif.

Bagaimana kalangan pendidikan tinggi? plagiarisme menjadi momok utama. Tahun 2010 lalu adalah tahun plagiarisme dunia pendidikan tinggi, berbagai kasus plagiat ditemukan di berbagai kampus dan celakanya melibatkan mereka yang bergelar guru besar. Sebagian dipecat atau mengundurkan diri, sebagian bertahan dan dilindungi institusi.

Nah, bagaimananasib  pendidikan tanpa kejujuran?

Kalibata, 8 Mei 2011

refleksi terlambat atas hari pendidikan,

maaf saya gak ikut upacara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s