Iri

Aku baru sadar pagi ini bahwa aku amat suka membaca biografi singkat seseorang. Lebih khusus, pekerjaan, pendidikan, prestasi dan tanggal lahir. Ya, bagaimanapun mengetahui bahwa ada orang sebaya denganku yang memiliki prestasi luar biasa amat menantang (kalau tidak dikatakan iri). Katakanlah, kelahiran 1980, tapi sudah dapat gelar Doktor dan memiliki reputasi akademis yang hebat. Wah hebat, dan itu memacuku untuk tidak mau kalah. Umur masih 34, tapi sudah jadi Professor, wah mantap, kepalaku pasti sudah melayang-layang, bisa nggak ya kayak begitu ?

Ya, aku memang realis, hidup dengan target-target yang jelas. Kadang-kadang semua target ini menekanku, kenapa tak bisa hidup itu mengalir saja, seperti sungai bengawan solo?

Untuk profil kalangan bisinis khususnya sosialita, biasanya tak terlalu menekan. Katakanlah umur 31 sudah jadi Direktur Utama perusahaan. Kadangkala keirian ini dilatarbelakangi persoalan kelas sosial ini dan kemudian melahirkan permakluman. Aku belum sekaya mereka karena dulu gak pernah sekolah TK (apa hubungannya ya?) atau maklum dulu masa kemasan (baca: golden age) boro-boro penuh kesempatan belajar dan bermain, tapi sibuk di kebun membantu orang tua. Banyak permakluman-permakluman lain.

Aku ingat sekitar tujuh tahun lalu, waktu masih kuliah, aku dan Asep Sadiana, kawan dari Cilacap—pernah berbincang. Kita menggugat Tuhan, kenapa ada anak yang beruntung dilahirkan di keluarga kaya dan dapat semua fasilitas yang membuatnya sukses (termasuk semua jaringan bokap ketika lulus kuliah) dan ada anak tak beruntung yang walaupun cemerlang mesti tertatih-tatih meraih kesuksesan dan tetap saja lebih banyak yang tak sukses daripada sukses.

Biarlah aku tetap iri dan ini menjadi pukulan menyakitkan untuk menjagaku tetap bangun. Aku takut ketika aku sudah tak bisa iri, maka aku berhenti berlari.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s