Catatan dari Malang

Sudah dua minggu tinggal di malang, kota yang senantiasa mendung dan hujan. Pelajaran pertama ketika tinggal di malang adalah mengamalkan pepatah lama “sedia payung sebelum hujan”. Jangan pernah meremehkan pepatah ini, karena tanpa payung kita tak bisa kemana-mana dengan tenang.

Lega juga jauh dari pekerjaan. Tak ada mengajar, tak ada mahasiswa bimbingan dan tak ada permintaan komentar dari wartawan soal seputar politik di banten. Agak merasa berdosa juga karena meninggalkan kewajiban suci seorang intelektual organik (halah….). Tapi urgent buatku mengasah pedang sebelum turun gunung (apa coba?). Yang sehari-hari dihadapi adalah buku bahasa inggris dan buku-buku politik berbahasa inggris. nggak semua begitu sih, ada novel tetralogi yang aku lahap seketika, he he. Maklumlah, kapan lagi punya kemewahan tanpa diganggu anak-anak. Soal keluarga, ya harus dijalani jauh dari mereka sementara ini.

Tempat kostku di jalan Gresik. Agak mahal, lima ratus ribu sebulan dibandingkan dengan tempat kost di sekeliling. Namun karena banyak sekali pekerjaan menulis paper untuk seminar, maka aku ambil kost ini dengan pertimbangan kenyamanan bekerja.

Maklumlah, setidaknya ada dua seminar selama kursus ini yang harus diikuti. Pertama, seminar 10 tahun otonomi daerah di Universitas Brawijaya. Mumpung masih di Malang aku masukkan artikel dan alhamdulillah diterima.Beberapa kawan dari Untirta: Pak Agus, Pak Anis dan Pak Kandung juga ikut seminar ini. Juga Ikhsan dari UI.

Seminar kedua, “International Symposium Local Politics and Social Cleavages in Transforming Asia”. Symposium ini akan dilaksanakan di Kyoto, 17-18 Desember, 2010. Namun aku dipersilahkan untuk hadir di Kyoto tanggal 9 – 22 Desember. Alhamdulillah ini kali kedua aku punya kesempatan berseminar dan tentu saja jalan-jalan di Kyoto. Pengennya sih datang ke Jepang untuk kuliah, tapi beasiswa belum dapat.

Alhasil harus ijin sebentar ke pengelola kursus. Tapi ndak masalah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s